Rochmiatun, Evi (2023) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (484kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (682kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (898kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (736kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (799kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (452kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (684kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembentukan karakter merupakan proses yang berkelanjutan dan sangat penting bagi perkembangan seseorang, akan tetapi pada kenyataannya, banyak peserta didik saat ini sering berperilaku kurang baik bahkan bersikap tidak baik kepada guru maupun temannya. Pendidikan agama Islam sebagai sebuah sistem pendidikan, tidak dipungkiri memiliki kontribusi yang cukup baik untuk menyokong pembentukan karakter bangsa dengan berbagai metode yang cukup mengesankan dan meyakinkan. Strategi komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam adalah teori yang tepat untuk mendasari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi interpersonal guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karaker peserta didik SMP Negeri 4 Bojonegoro dan bagaimana hasil strategi komunikasi interpersonal guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik SMP Negeri 4 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dengan jumlah 6 narasumber, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Strategi komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik SMP Negeri 4 Bojonegoro, (2) Hasil pelaksanaan komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik SMP Negeri 4 Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam yaitu dengan menggunakan langkah-langkah mengenal khalayak, penyusunan pesan, dan menetapkan metode sehingga memberikan pengaruh positif terhadap karakter peserta didik dalam hal kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin. Temuan ini memperlihatkan bagaimana komunikasi interpersonal yang cermat dapat menjadi pilar penting dalam membentuk karakter yang kuat pada generasi muda di lingkungan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter Peserta didik. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Evi Rochmiatun |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 04:50 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 04:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Silfiyah, Khoirotus NIDN2119049201 Thesis advisor Roin, Usman NIDN0728088204 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3064 |