POLA INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTs NEGERI 5 BOJONEGORO

SOFI, MUFLIKHATUS (2023) POLA INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTs NEGERI 5 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (800kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh profil pelajar pancasila yang belum diterapkan dengan baik oleh siswa. Pasalnya masih terdapat beberapa siswa yang kurang disiplin, malas belajar ketika di rumah, rasa acuh terhadap nasehat guru, serta perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan siswa kurang begitu paham teknologi. Disinilah peran guru dalam berinteraksi dengan siswa sangatlah diperlukan dalam membentuk karakter, kepribadian dan alur perkembangan teknologi modern serta berperilaku sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis meliputi merekduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan : (1) pola interaksi antara guru dan siswa bersifat asosiatif. Dimana didalamnya meliputi interaksi antara sesama guru, guru dengan siswa dan guru dengan wali murid. (2) implementasi pola interaksi antara guru dan siswa dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. Menghasilkan tiga bentuk interaksi yaitu asimilasi, akomodasi dan kerjasama baik dalam kegiatan intrakulikuler, ekstrakulikuler dan budaya madrasah. (3) faktor pendukung dan penghambat pola interaksi antara guru dan siswa dalam mewujudkan profil pelajar pancasila adalah semangat dan antusias guru dan siswa dalam kegiatan apapun menjadi faktor pendukung, sedangkan faktor penghambatnya adalah terdapat beberapa siswa acuh terhadap nasehat dan motivasi dari guru.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola Interaksi Guru dan Siswa, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muflikhatus Sofi
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:19
Last Modified: 08 Sep 2023 03:19
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
NIDN212237701
Thesis advisor
Rahmawati, Ulva Badi'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3059

Actions (login required)

View Item
View Item