AKTUALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 5 BOJONEGORO

Sakiratuka, Amalia Anis (2023) AKTUALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 5 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (885kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy

Abstract

Moderasi beragama merupakan salah satu upaya mencari jalan menuju kebaikan, persaudaraan dan kemaslahatan terutama dapat diterapkan melalui proses pembelajaran. Penanaman nilai-nilai moderasi beragama, baik yang dimasukan dalam pembelajaran ataupun dalam kegiatan-kegiatan sekolah, diyakini dapat meringankan atau bahkan dapat mencegah perilaku-perilaku radikal (negatif), perilaku intoleran dan perilaku yang dapat merusak kerukunan umat beragama di Indonesia. Moderasi beragama menjadi sangat penting bagi peserta didik agar mampu menjadi manusia yang memiliki sikap wujud rasa cinta tanah air, bisa saling menghormati dan menghargai, tidak melakukan tindak kekerasan, dan bisa menerima tradisi dan budaya lokal.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Pertama untuk mendeskripsikan aktualisasi moderasi beragama dalam kegiatan dan pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Bojonegoro, dan Kedua untuk mendeskripsikan hasil aktualisasi moderasi beragama dalam pembelajara pai di SMP Negeri 5 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisikan penjelasan tentang data yang diperoleh pada penelitian, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) aktualisasi moderasi beragama diterapkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan, ekstrakulikuler, penerapan P5, dan termuat dalam materi dan metode pembelajaran. 2) hasil aktualisasi moderasi beragama dalam pembelajaran pai siswa bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, saling toleransi, tidak melakukan tindak kekerasan,bisa menghargai kebudayaan lokal, seimbang dalam kehidupan dunia dan akhirat, memiliki perilaku jujur dan adil, bisa menghargai pendapat, dan bisa menyelesaikan permasalahan dengan bermusyawarah bersama

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Anis Sakiratuka
Date Deposited: 09 Sep 2023 01:47
Last Modified: 09 Sep 2023 01:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Shofiyuddin, Ahmad
NIDN2115058905
Thesis advisor
Muthi'uddin, Ahmad
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item
View Item