Sakiratuka, Amalia Anis (2023) AKTUALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 5 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (115kB)
AWALAN.pdf
Download (885kB)
BAB I.pdf
Download (422kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (828kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (309kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (263kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (911kB) | Request a copy
Abstract
Moderasi beragama merupakan salah satu upaya mencari jalan menuju kebaikan, persaudaraan dan kemaslahatan terutama dapat diterapkan melalui proses pembelajaran. Penanaman nilai-nilai moderasi beragama, baik yang dimasukan dalam pembelajaran ataupun dalam kegiatan-kegiatan sekolah, diyakini dapat meringankan atau bahkan dapat mencegah perilaku-perilaku radikal (negatif), perilaku intoleran dan perilaku yang dapat merusak kerukunan umat beragama di Indonesia. Moderasi beragama menjadi sangat penting bagi peserta didik agar mampu menjadi manusia yang memiliki sikap wujud rasa cinta tanah air, bisa saling menghormati dan menghargai, tidak melakukan tindak kekerasan, dan bisa menerima tradisi dan budaya lokal.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Pertama untuk mendeskripsikan aktualisasi moderasi beragama dalam kegiatan dan pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Bojonegoro, dan Kedua untuk mendeskripsikan hasil aktualisasi moderasi beragama dalam pembelajara pai di SMP Negeri 5 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisikan penjelasan tentang data yang diperoleh pada penelitian, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) aktualisasi moderasi beragama diterapkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan, ekstrakulikuler, penerapan P5, dan termuat dalam materi dan metode pembelajaran. 2) hasil aktualisasi moderasi beragama dalam pembelajaran pai siswa bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, saling toleransi, tidak melakukan tindak kekerasan,bisa menghargai kebudayaan lokal, seimbang dalam kehidupan dunia dan akhirat, memiliki perilaku jujur dan adil, bisa menghargai pendapat, dan bisa menyelesaikan permasalahan dengan bermusyawarah bersama
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Amalia Anis Sakiratuka |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 01:47 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 01:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Shofiyuddin, Ahmad NIDN2115058905 Thesis advisor Muthi'uddin, Ahmad NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3046 |