IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING TIPE THE FIRING LINE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN DAYA PIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS X DI MAN 1 BOJONEGORO

Rahmatika, Fatya Nur Alfi (2023) IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING TIPE THE FIRING LINE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN DAYA PIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS X DI MAN 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (955kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan upaya pemberian ilmu pengetahuan atau transfer of knowledge dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sementara proses belajar mengajar ditinjau dari ruang lingkup terdiri dari beberapa komponen dan unsur. Komponen tersebut adalah tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat dan evaluasi. Dalam upaya pemberian ilmu pengetahuan terdapat banyak metode dan strategi yang dapat digunakan, salah satunya active learning tipe the firing line. Dalam strategi pembelajaran active learning tipe the firing line peserta didik mendapat kesempatan untuk merespon dengan cepat pertanyaan- pertanyaan yang dilontarkan/tipe tantangan yang dimunculkan secara bergantian pada tiap kelompok. Melalui model pembelajaran active learning tipe the firing line, diharapkan aktivitas belajar siswa akan meningkat sehingga prestasi belajar siswa juga meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi active learning tipe the firing line dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X di MAN 1 Bojonegoro dapat menumbuhkan daya pikir kritis dan kemandirian siswa. Dilihat dari indikator berikut: 1) Siswa termotivasi untuk menggali pemahaman materi sendiri di rumah sebelum pembelajaran di kelas, 2) Siswa dapat membuat pertanyaan sulit yang akan dilemparkan kepada temannya, 3) siswa dapat menjawab pertanyaan sulit secara cepat dan tepat dengan menggunakan argument yang sesuai materi

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Active Learning Tipe The Firing Line, Sejarah Kebudayaan Islam, Daya Pikir Kritis, Kemandirian Siswa.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatya Nur Alfi Rahmatika
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:39
Last Modified: 08 Sep 2023 05:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
NIDN211002710
Thesis advisor
Khumaini, Fahmi
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item
View Item