EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA ISLAM TEMAYANG BOJONEGORO

ROFIKQOH, LAILATUL (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA ISLAM TEMAYANG BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas metode pembelajaran kolaboratif dengan market place activity (MPA) terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti di SMA Islam Temayang Bojonegoro. Kajian ini dilatarbelakangi oleh lembaga SMA Islam Temayang yang menerapkan sistem pembelajarn half day school yang dimulai dari siang hari, kegiatan pembelajaran dengan metode konvensional seperti yang biasa diberikan kurang membantu siswa dalam memahami materi melainkan membuat siswa mengantuk dan tidak fokus, faktor tersebut yang menjadi dasar diterapkan metode kolaboratif dengan market place activity (MPA), Kegiatan pembelajaran ini diasumsikan pada prinsip-prinsip pembelajaran yang hanya bisa dilakukan ketika semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran secara kelompok, dengan peran guru hanya sebagai fasilitator.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah sampel 29 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaka tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda, untuk mengetahui baik atau tidaknya instrument penelitian yang akan digunakan, dan uji normalitas serta uji hipotesis digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh pada sampel penelitian.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) Metode pembelajaran kolaboratif dengan market place activity (MPA) memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti di SMA Islam Temayang Bojonegoro. (2) Kelebihan dalam penerapan kolaboratif dengan market place activity (MPA) ini adalah menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran, sedangkan kekuranganya adalah terletak pada siswa yang memiliki tingkat pemahaman sedikit lebih rendah sibanding lainya harus dijelaskan secara berulang-ulang, sehingga menyita cukup waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Kolaboratif dengan Market Place Activity (MPA), Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Rofikqoh
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:11
Last Modified: 08 Sep 2023 06:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MA'ARIF, K.M JAUHARUL
NIDN21218097201
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item
View Item