PUTRI, AVATIN ALIZAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAFGNETIC SHARING BOARD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS II MI. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (19kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I pdf.pdf
Download (593kB)
BAB II pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB) | Request a copy
BAB III pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB) | Request a copy
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB) | Request a copy
BAB V pdf.pdf
Download (210kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (139kB)
lampiran .pdf
Restricted to Registered users only
Download (792kB) | Request a copy
Abstract
Matematika dianggap salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit dan bahkan menakutkan dengan adanya fenomena ini perlu adanya tindakan agar pembelajaran lebih menarik perhatian siswa dan siswa tidak merasa takut dan kesulitan lagi dalam belajar matematika.. Hal ini menyebabkan siswa kurang semangat dalam pembelajaran matematika dan meyebabkan siswa merasa bosan dan nilai pada mata pelajaran ini sedikit dibawah KKM. Dari permasalahan diatas peneliti ingin mengembangkan media pembelajarann untuk mengatasi beberapa masalah tersebut yakni dengan mengembengkan media pembelajaran magnetic sharing board pada mata pelajaran matematika materi pembagian Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD) dengan jenis metode Borg and Gall. Adapun Teknik pengumpulan datanya adalah validasi, observasi wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian sumber datanya adalah observasi dan wawancara dengan Guru MI Tarbiyatul Banin Wal Bannat Sumbangtimun Trucuk Bojonegoro dan Siswa MI kelas II. Kemudian untuk instrument penelitiannya menggunaan validasi, observasi dan wawancara, dan teknis analisis data menggunakan validasi materi, validasi media, tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitain yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut :Pengembangan Media Pembelajaran Magnetic Sharing Board pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian Siswa Kelas II MI dapat membantu mengatasi masalah siswa dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika materi pembagian siswa kelas II MI dengan melihat dari hasil validasi materi dan validasi media yang menunjukan hasil 4,1 yang dapat diartikan layak untuk digunakan. Tidak hanya itu dari hasil pretest kelompok kecil memperoleh nilai 56, posttest kelompok besar kecil memperoleh nilai 58, dan dari angket kelompok kecil 76. Setelah melakukan revisi produk dan diuji pada kelompok besar hasil pretest menjukan 83, posttest menjukan 76 dan angket memperoleh nilai 63.3
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Magnetic Sharing Board, Matematika |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | AVATIN ALIZAH PUTRI |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:41 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 09:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Amreta, Midya Yuli NIDN2130079101 Thesis advisor Suttrisno, Suttrisno NIDN0717069401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3000 |