PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAFGNETIC SHARING BOARD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS II MI

PUTRI, AVATIN ALIZAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAFGNETIC SHARING BOARD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS II MI. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I pdf.pdf] Text
BAB I pdf.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of BAB II pdf.pdf] Text
BAB II pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III pdf.pdf] Text
BAB III pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV pdf.pdf] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V pdf.pdf] Text
BAB V pdf.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of lampiran .pdf] Text
lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy

Abstract

Matematika dianggap salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit dan bahkan menakutkan dengan adanya fenomena ini perlu adanya tindakan agar pembelajaran lebih menarik perhatian siswa dan siswa tidak merasa takut dan kesulitan lagi dalam belajar matematika.. Hal ini menyebabkan siswa kurang semangat dalam pembelajaran matematika dan meyebabkan siswa merasa bosan dan nilai pada mata pelajaran ini sedikit dibawah KKM. Dari permasalahan diatas peneliti ingin mengembangkan media pembelajarann untuk mengatasi beberapa masalah tersebut yakni dengan mengembengkan media pembelajaran magnetic sharing board pada mata pelajaran matematika materi pembagian Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD) dengan jenis metode Borg and Gall. Adapun Teknik pengumpulan datanya adalah validasi, observasi wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian sumber datanya adalah observasi dan wawancara dengan Guru MI Tarbiyatul Banin Wal Bannat Sumbangtimun Trucuk Bojonegoro dan Siswa MI kelas II. Kemudian untuk instrument penelitiannya menggunaan validasi, observasi dan wawancara, dan teknis analisis data menggunakan validasi materi, validasi media, tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitain yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut :Pengembangan Media Pembelajaran Magnetic Sharing Board pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian Siswa Kelas II MI dapat membantu mengatasi masalah siswa dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika materi pembagian siswa kelas II MI dengan melihat dari hasil validasi materi dan validasi media yang menunjukan hasil 4,1 yang dapat diartikan layak untuk digunakan. Tidak hanya itu dari hasil pretest kelompok kecil memperoleh nilai 56, posttest kelompok besar kecil memperoleh nilai 58, dan dari angket kelompok kecil 76. Setelah melakukan revisi produk dan diuji pada kelompok besar hasil pretest menjukan 83, posttest menjukan 76 dan angket memperoleh nilai 63.3

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Magnetic Sharing Board, Matematika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AVATIN ALIZAH PUTRI
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:41
Last Modified: 11 Sep 2023 09:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Amreta, Midya Yuli
NIDN2130079101
Thesis advisor
Suttrisno, Suttrisno
NIDN0717069401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item
View Item