PENGGUNAAN KITAB AL-FIQH AL-WÂDIḤ SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI TAHÂRAH DI KELAS VII MTS ASSALAM BANGILAN TUBAN

FARHANI, MUHAMMAD FAIQ (2023) PENGGUNAAN KITAB AL-FIQH AL-WÂDIḤ SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI TAHÂRAH DI KELAS VII MTS ASSALAM BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy

Abstract

Kitab Al-Fiqh Al-Wâḍih merupakan salah satu kitab karya Mahmud Yunus yang digunakan sebagai salah satu sumber rujukan/sumber bahan ajar dalam pembelajaran fikih di MTs ASSALAM Bangilan Tuban. Alasan penggunaan kitab Al-Fiqh Al-Wâdiḥ karena penjelasan di dalam kitab Al-Fiqh Al-Wâdiḥ komplit dan juga cocok untuk usia santri kelas VII Tsanawiyah karena bahasanya mudah, sederhana, gampang dipahami. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk meneliti penggunaan kitab Al-Fiqh Al-Wâḍih sebagai bahan ajar pendukung dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas pada mata pelajarn fikih materi Tahârah di kelas VII MTs ASSALAM
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Al-Fiqh Al-Wâḍih untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran fiqih di kelas VII MTs ASSALAM Bangilan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh peneliti dari data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari lembar penilaian hasil belajar siswa. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, serta menarik kesimpulan.
Implementasi pembelajaran Kitab Al-Fiqh Al-Wâḍih dalam mata pelajaran Fikih yang dilaksanakan di kelas VII MTs Assalam Bangilan ada tiga tahapan yakni tahapan perencanaan, meliputi perencanaan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran serta perencanaan evaluasi pembelajaran, tahap pelaksanaan berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode atau model yang di pakai dan Tahap Evaluasi, Pelaksanaan evaluasi hasil belajar yang ada di MTs ASSALAM Bangilan tidak hanya dilakukan saat tengah dan akhir semester saja, tetapi juga dilaksanakan oleh para pendidik di awal sebagai tatbiq terhadap materi pelajaran yang sudah di ajarkan, serta Terdapat faktor pendukung yakni memiliki kelas yang luas dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar, selain itu setiap siswa mempunyai kitab dan buku masing masing, guru memiliki wawasan luas dan penguasaan yang matang terhadap materi yang akan di ajarkan dan faktor penghambat adalah siswa kelas VII merupakan siswa baru di mana merupakan siswa baru mulai belajar tentang susunan bahasa dan ilmu nahwu, sehingga kadang memerlukan proses dan waktu lebih untuk membaca dan memahami isi kitab.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kitab Al-Fiqh Al-Wâḍih, Implementasi, Pembelajaran
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD FAIQ FARHANI
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:48
Last Modified: 08 Sep 2023 06:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2124128403
Thesis advisor
AZMI, AHMAD RIFQI
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2989

Actions (login required)

View Item
View Item