PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER LITERASI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL UMMAH 12 DESA SIDOREJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO

Maulida, Dina Nur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER LITERASI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL UMMAH 12 DESA SIDOREJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dan informasi yang diperoleh di TK Nurul ummah 12 Sidorejo, adanya permasalahan yang ditemukan terkait dengan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun yang diketahui membutuhkan perlakuan khusus dalam fungsi belajarnya dan dalam proses pembelajaran diketahui media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran literasi kurang bervariasi sehingga membuat anak kurang fokus dan anak merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun.
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (analisis) meliputi analisis kinerja dan kebutuhan, Design (desain) meliputi rancangan produk media pembelajaran,, Development (pengembangan) meliputi penilaian kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi, Implementation (implementasi) ialah uji coba produk media pembelajaran yang dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, dan Evaluation (Evaluasi) dilakukan revisi produk akhir untuk mendapatkan media pembelajaran yang baik dan layak. Hasil kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi pada validasi tahap awal memperoleh presentase 60% dan validasi kedua memperoleh presentase 92%. Hasil validasi ini memperoleh beberapa revisi sehingga mendapatkan hasil akhir media yang baik. Dengan demikian validasi oleh ahli media dan ahli materi ini mengalami peningkatan 32%. Penilaian kemampuan literasi anak menggunakan media koper literasi dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Menunjukkan bahwa hasil uji kelompok kecil sebesar 84%, sedangkan hasil uji coba kelompok besar sebesar 85% dengan kategori sangat setuju/layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa media koper literasi dapat digunakan untuk menstimulai kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Ummah 12 Sidorejo.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Koper Literasi, Kemampuan Literasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dina Nur Maulida
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:52
Last Modified: 07 Sep 2023 08:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Khusna, Siti Labiba
NIDN2120018702
Thesis advisor
Puspitasari, Endang
NIDN0720079302
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item
View Item