Maulida, Dina Nur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER LITERASI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL UMMAH 12 DESA SIDOREJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (378kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (588kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (620kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (311kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (438kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti dan informasi yang diperoleh di TK Nurul ummah 12 Sidorejo, adanya permasalahan yang ditemukan terkait dengan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun yang diketahui membutuhkan perlakuan khusus dalam fungsi belajarnya dan dalam proses pembelajaran diketahui media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran literasi kurang bervariasi sehingga membuat anak kurang fokus dan anak merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun.
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (analisis) meliputi analisis kinerja dan kebutuhan, Design (desain) meliputi rancangan produk media pembelajaran,, Development (pengembangan) meliputi penilaian kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi, Implementation (implementasi) ialah uji coba produk media pembelajaran yang dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, dan Evaluation (Evaluasi) dilakukan revisi produk akhir untuk mendapatkan media pembelajaran yang baik dan layak. Hasil kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi pada validasi tahap awal memperoleh presentase 60% dan validasi kedua memperoleh presentase 92%. Hasil validasi ini memperoleh beberapa revisi sehingga mendapatkan hasil akhir media yang baik. Dengan demikian validasi oleh ahli media dan ahli materi ini mengalami peningkatan 32%. Penilaian kemampuan literasi anak menggunakan media koper literasi dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Menunjukkan bahwa hasil uji kelompok kecil sebesar 84%, sedangkan hasil uji coba kelompok besar sebesar 85% dengan kategori sangat setuju/layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa media koper literasi dapat digunakan untuk menstimulai kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Ummah 12 Sidorejo.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Koper Literasi, Kemampuan Literasi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Dina Nur Maulida |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:52 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:52 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Khusna, Siti Labiba NIDN2120018702 Thesis advisor Puspitasari, Endang NIDN0720079302 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2936 |