WULANDARI, PUSPITA AYU (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SNAKES AND LADDERS GAME SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI ACADEMIC BURNOUT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS III MI TARBIYATUL BANIN WAL BANNAT SUMBANGTIMUN TRUCUK BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (194kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I-1.pdf
Download (604kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (516kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (760kB) | Request a copy
BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (715kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (369kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (299kB)
LAMPIRANN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sejarah kebudayaan Islam merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa, karena pelajaran tersebut yang begitu banyak cerita tentang sejarah sehingga siswa menganggap mata pelajaran sejarah selalu membosankan karena hanya terdapat catatan panjang dan siswa tidak ikut dalam pembelajaran yang aktif, hal tersebut menyebabkan siswa merasa bosan/keleahan akademik. Academic Burnout (bosan/kelelahan akademik) adalah kondisi dimana seseorang lelah secara fisik dan emosi karena banyaknya tanggung jawab dan tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan sehingga seseorang tersebut tidak dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media Snakes and Ladders Game sebagai upaya mereduksi Academic Burnout pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Bannat Sumbangtimun Trucuk Bojonegoro. Partisipasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah populasi 101. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil 83 sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode skala psikologi Academic Burnout, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas III yang teridentifikasi memiliki tingkat Academic Burnout yang tinggi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji reliabilitas menggunakan nilai alpha cornbach, uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS Versi 2.2. Hasil penelitian menunjukkan 0,000 pada Academic Burnout secara keseluruhan, kemudian pada sub aspek juga memiliki perubahan yang signifikan, yaitu 0,000 pada aspek kelelahan emosi, 0,000 pada aspek kelelahan fisik, 0,000 pada aspek kelelahan kognitif, dan 0,000 pada aspek kehilangan motivasi yang artinya lebih kecil dari 0,05 (sig<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap siswa baik secara keseluruhan ataupun secara sub aspek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Snakes and Ladders Game dapat mereduksi Academic Burnout pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Bannat Sumbangtimun Trucuk Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Snakes and Laders Game, Academic Burnout, Sejarah Kebudayaan Islam. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PUSPITA AYU WULANDARI |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:11 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 09:26 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2104099007 Thesis advisor ISROANI, FARIDA NIDN0710028903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2935 |