IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 1 BOJONEGORO

SYIAM, NURUL FADHILATUS (2023) IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu fikih digunakan oleh Umat Islam sebagai dasar dan pedoman untuk mematuhi syariat Islam dan mengetahui hukum-hukum dalam syariat Islam (wajib, haram, sunnah, mubah, dan makruh) yang mengikuti salah satu empat mahzab (Imam Syafi’i, Imam Hanafi, Imam Maliki, dan Imam Hambali). Siswa menganggap pembelajaran Fikih di kurikulum sebelumnya itu membosankan, karena proses pembelajaran di kelas hanya menggunakan metode ceramah, maka dari itu diperlukan pemilihan metode yang sesuai dalam pelaksanaan pembelajaran di kurikulum merdeka saat ini yaitu Project Based Learning. Pembelajaran menggunakan metode tersebut berpusat kepada siswa dan mempunyai hasil akhir berupa proyek.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data meliputi Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian yaitu guru mata pelajaran Fikih, Wali Kelas X C, siswa kelas X C, dan Kepala Sekolah MAN 1 Bojonegoro
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning dalam kurikulum merdeka di MAN 1 Bojonegoro pada materi Jual beli dan perekonomian dalam Islam menghasilkan karya infografis dengan memanfaatkan aplikasi desain grafis canva, coreldraw, photoshop, pixel lab, dan aplikasi desain lainnya dengan tujuan agar siswa lebih kreatif, mandiri, dan berwawasan luas dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kurikulum Merdeka, Fikih.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURUL FADHILATUS SYIAM
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:00
Last Modified: 07 Sep 2023 07:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
HABIBULLAH, M. ROMADLON
NIDN2109058801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2921

Actions (login required)

View Item
View Item