IMPLEMENTASI MODEL SOAL HIGHER ORDER THINKING SKIIS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KRITIS SISWA DI KELAS X SMA PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO

NISA, MAUIDHOTUN (2023) IMPLEMENTASI MODEL SOAL HIGHER ORDER THINKING SKIIS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KRITIS SISWA DI KELAS X SMA PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi model soal HOTS dalam PAI terhadap sikap kritis siswa, Dalam pembelajaran di lembaga SMA Plus Al Fatimah menggunakan Kurikulum Merdeka, ada istilah P5 yakni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang berisi 6 aspek, salah satunya yakni bernalar kritis, berpikir kritis memiliki arti berpikir secara mendalam dan berusaha mencari cara meneyelesaikannya. Salah satu cara dalam pembelajaran agar siswa dapat meningkatkan bernalar kritis dengan cara melatih menggunakan soal HOTS, dalam taksonami bloom, soal HOTS berada di C4 sampai C5. Dengan begitu jelas terlihat jika dalam mengerjakannya membutuhkan penalaran kritis. kritis Metode yang di dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yakni penelitian dilakukan melalui pengumpulan data lapangan dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi kemudian dijabarkan . Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan siswa di SMA Plus Al Fatimah Bojonegoro dengan menggunakan metode kualitatif deskriptis. Dalam penerapan model soal HOTS ini ada 3 tahap yakni perencanaan, penerapan dan evaluasi. Tentunya dalam penerapannya tidak terlepas dari kelebihan dan kelemahan yang dihadapi di SMA Plus Al Fatimah Bojonegoro Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Soal HOTS (High Order Thinking Skills) dapat meningkatkan sikap kritis siswa, hal ini dapat dilihat dari cara peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan selama pembelajaran, seperti bagaimana peserta didik memecahkan masalah, menganalisis pertanyaan, dan mengkritisi pendapat. Selain itu, tingkat berpikir HOTS peserta didik juga dapat dilihat dari jawaban mereka saat evaluasi akhir. Jika jawaban mereka bersifat mengulang informasi dari buku pelajaran, berarti mereka belum mencapai tingkat berpikir HOTS. Namun, jika jawaban mereka didasarkan pada pemahaman yang mendalam dan relevan dengan materi yang sedang dipelajari, hal ini menandakan bahwa mereka telah mencapai tingkat berpikir tinggi (2) kelebihan soal HOTS yakni Mendorong berpikiran kritis, mengembangkan kreativitas, menekankan kemampuan dalam pemecahan masalah, memotivasi dan meningkatkan berpikir tingkat tinggi. Adapun kelemahannya yakni kebingungan sisawa dalam menganalisis dan kurang terbiasa sehingga mengalami kesulitan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model soal HOTS, Berfikir Kritis
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mauidhotun Nisa
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:12
Last Modified: 07 Sep 2023 08:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN201507124
Thesis advisor
RAHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item
View Item