Penerapan Profil Pelajar Pancasila Karakter Bernalar Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Pemuda Taruna Ngraseh

MA'RIFAH, AWALUL (2023) Penerapan Profil Pelajar Pancasila Karakter Bernalar Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Pemuda Taruna Ngraseh. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (893kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Profil pelajar Pancasila merupakan perwujudan dari pelajar Indonesia sebagai pelajar yang memiliki nilai-nilai Pancasila. Karakter bernalar kritis termasuk salah satu ciri pelajar Pancasila yang wajib diterapkan oleh pelajar Indonesia agar memiliki pemikiran rasional, dapat mandiri dalam berpikir, dan menjadi pribadi yang berpikiran terbuka serta-percaya diri dalam mengambil keputusan. Pendidikan agama Islam dan budi pekerti hendaknya mampu mendorong peserta didik untuk bernalar kritis dalam menghadapi perkembangan zaman. Perkembangan zaman adalah salah satu fenomena yang tidak bisa dihindari, maka dari itu selain berpegang teguh terhadap Tuhan Yang Maha Esa pelajar Indonesia juga perlu bernalar kritis untuk mengimbanginya. Salah satu elemen penting di era modern ini adalah bernalar kritis. Untuk menerapkannya, perlu adanya konsep perencanaan yang matang dan implementasi konsep tersebut, dan untuk mencapainya pasti ada faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari data primer yaitu data yang bersumber dari penelitian lapangan meliputi observasi, kemudian wawancara dengan kepala sekolah dan guru Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Pemuda Taruna Ngraseh. Data sekunder diperoleh dari buku referensi dan data-data dari sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan profil pelajar Pancasila karakter bernalar kritis dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Pemuda Taruna Ngraseh tergolong sudah baik, melihat dari konsep perencanaan yang meliputi identifikasi tujuan pembelajaran, penyesuaian pembelajaran, pemilihan metode, dan mengevaluasi pembelajaran. Implementasi di dalam proses kegiatan pembelajaran yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dan beberapa faktor pendukung yakni pendidik yang mampu membimbing jalannya proses implementasi, peserta didik yang minat pada pembelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti sehingga mudah untuk bernalar kritis, serta faktor penghambat yakni Pendidik yang kurang matang dalam merencanakan konsep, dan peserta didik yang pasif.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Karakter Bernalar Kritis, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Awalul Ma'rifah
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:51
Last Modified: 07 Sep 2023 07:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
NIDN2122037701
Thesis advisor
Shofiyuddin, Ahmad
NIDN2115058905
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item
View Item