AMELIA, SOFIA NUR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SYMBOLIC CHESSBOARD (PAPAN CATUR SIMBOLIK) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN SUMBERAGUNG III DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
Cover.pdf
Download (201kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (548kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (566kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (627kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V .pdf
Download (413kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (452kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti informasi yang diperoleh di TK Dharma Wanita Persatuan Sumberagung III, permasalahan yang ditemukan terkait kegiatan pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun membutuhkan adanya perlakuan khusus dalam proses pembelajaran. Diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan untuk menstimualasi kemampuan berpikir simbolik kurang tersedia sehingga membuat anak mudah bosan dan kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, tahap-tahapan ADDIE yaitu, Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Dari model pengembangan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran symbolic chessboard. Selama proses pengembangan media pembelajaran symbolic chessboard dilakukan validasi oleh dua validator ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Serta media yang telah di validasi diujicobakan pada kelompok kecil yang terdiri dari 10 anak dan uji coba lapangan dilakukan oleh 20 anak. Hasil kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi maka diperoleh hasil bahwa media pembelajaran symbolic chessboard sangat layak diimplementasikan kepada anak usia 4-5 tahun untuk menstimualsi kemampuan berpikir simbolik, dengan nilai persentase 97% dari ahli media dan 94% dari ahli materi. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran symbolic chessboard dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Symbolic Chessboard, Kemampuan Berpikir Simbolik. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sofia Nur Amelia |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 05:03 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 05:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor UTSMAN, AHMAD FARID NIDN2113049001 Thesis advisor KUSNA, SITI LABIBA NIDN2120018702 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2850 |