PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SYMBOLIC CHESSBOARD (PAPAN CATUR SIMBOLIK) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN SUMBERAGUNG III DANDER BOJONEGORO

AMELIA, SOFIA NUR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SYMBOLIC CHESSBOARD (PAPAN CATUR SIMBOLIK) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN SUMBERAGUNG III DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (413kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti informasi yang diperoleh di TK Dharma Wanita Persatuan Sumberagung III, permasalahan yang ditemukan terkait kegiatan pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun membutuhkan adanya perlakuan khusus dalam proses pembelajaran. Diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan untuk menstimualasi kemampuan berpikir simbolik kurang tersedia sehingga membuat anak mudah bosan dan kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, tahap-tahapan ADDIE yaitu, Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Dari model pengembangan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran symbolic chessboard. Selama proses pengembangan media pembelajaran symbolic chessboard dilakukan validasi oleh dua validator ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Serta media yang telah di validasi diujicobakan pada kelompok kecil yang terdiri dari 10 anak dan uji coba lapangan dilakukan oleh 20 anak. Hasil kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi maka diperoleh hasil bahwa media pembelajaran symbolic chessboard sangat layak diimplementasikan kepada anak usia 4-5 tahun untuk menstimualsi kemampuan berpikir simbolik, dengan nilai persentase 97% dari ahli media dan 94% dari ahli materi. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran symbolic chessboard dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Symbolic Chessboard, Kemampuan Berpikir Simbolik.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sofia Nur Amelia
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:03
Last Modified: 07 Sep 2023 05:03
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
UTSMAN, AHMAD FARID
NIDN2113049001
Thesis advisor
KUSNA, SITI LABIBA
NIDN2120018702
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item
View Item