PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs MUSTHOFAWIYAH SOKO

SYUKUR, MUH. ABDUS (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs MUSTHOFAWIYAH SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era digital ini, media pembelajaran mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sehingga seorang pendidik harus mampu mengikuti perkembangan tersebut dan menerapkannya dalam proses pembelajaran. Pemilihan serta penggunaan media pembelajaran berbasis digital yang tepat akan memberikan kontribusi yang positif dalam kegiatan pembelajaran. Berawal dari pola pikir dan latar belakang di atass penulis tertarik tentang bagaimanakah penerapan media pembelajaran digital serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Musthofawiyah Soko. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penerpana media pembelajar digital dalam proses pembelajaran di kelas dan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari penerapan media pembelajaran berbasis digital terhadap prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Musthofawiyah Soko.
Penulisan ini merupakan penulisan eksperimen. Dalam penulisan ini rancangan yang digunakan adalah metode pre eksperimental design. Desain yang digunakan adalah one group pre test post test design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah menentukan nilai uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis. Dalam penerapan media pembelajaran berbasis digital siswa diberi motivasi, memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi, dibentuk kelompok untuk mendiskusikan, mempresentasikan hasil kerja kelompok, membuat kesimpulan, media berupa canva, capcut, dan power point. Hasil analisis uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai sig 0,05, hal ini terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara pre test dan post test, sehingga terdapat pengaruh setelah diterapkannya media pembelajaran digital digital terhadap prestasi. Ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya penerapan media pembelajaran digital, sehingga ada pengaruh terhadap prestasi belajar siswa namun tergolong lemah dengan taraf signifikansi 0,004 atau jika dipersentasikan hanya 0,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Digital, Pengaruh, Prestasi Belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUH. ABDUS SYUKUR
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:53
Last Modified: 08 Sep 2023 01:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
Thesis advisor
SILFIYAH, KHOIROTUS
NIDN2119049201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item
View Item