Purnamasari, Widi Ria (2023) PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X SMK AL-MUSTAWA PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (331kB)
AWALAN.pdf
Download (649kB)
BAB I.pdf
Download (265kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (537kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (217kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (928kB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek mengajarkan kepada siswa untuk
memecahkan permasalahan dengan berpikir kritis dan langsung sesuai realita atau kenyataan. Salah satu sekolah yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek adalah SMK Al-Mustawa Prambontergayang Soko Tuban tepatnya di kelas
X TKJ pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek tersebut dengan memanfaatkan aplikasi yang ada pada smartphone yaitu aplikasi capcut. Aplikasi capcut merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit, ataupun menyunting video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Kemudian sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ, guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti, dan kepala sekolah SMK Al�Mustawa Prambontergayang Soko Tuban. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut:
Pertama, pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan aplikasi capcut pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas X SMK Al�Mustawa Prambontergayang Soko Tuban dilaksanakan dengan berbagai tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kedua, terdapat kelebihan dari pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan aplikasi capcutadalah: siswa terlihat antusias, aktif, dan kreatif, siswa mudah menguasai materi pembelajaran, video hasil proyek mudah diakses, aplikasi capcut yang mudah digunakan, dan yang terakhir hasil proyek berupa video dapat disaksikan berulang�ulang. Ketiga, terdapat kekurangan dari pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan aplikasi capcut adalah: membutuhkan waktu lama, tidak adanya LCD/proyektor untuk presentasi, siswa hanya menguasai materi bagiannya saja, membutuhkan paket data, dan yang terakhir adalah keluhan siswa yang belum mahir menggunakan aplikasi capcut.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Proyek, Aplikasi Capcut, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Artikel Widi Ria Purnamasari |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fauziah, Zumrotul NIDN2112119203 Thesis advisor Silfiyah, Khoirotus NIDN2119049201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2796 |