AHMAD, ROIKHANUZZAHRI (2023) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs SA DARUL ISTIQOMAH KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
Cover.pdf
Download (448kB)
AWALAN.pdf
Download (794kB)
BAB I.pdf
Download (727kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (906kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (648kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (928kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (417kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (624kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Seiring dengan perkembangan komunikasi dan teknologi informasi, diiringi dengan pesatnya teknologi digital, kesadaran dan kemampuan bermedia. Literasi media dan literasi digital merupakan pendekatan yang memiliki focus analisis kritis terhadap konten dari pesan media. Paparan berbagai macam informasi dari media membuat kebanyakan orang kebingungan mana informasi yang bermanfaat dan mana yang tidak. Maka dengan adanya fenomena tersebut, pengetahuan literasi digital sangat dibutuhkan sebagai modal bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan dalam memilah dan mengevaluasi isi media dengan tajam dan teliti sehingga mampu memanfaatkan isi media sesuai dengan kebutuhannya sebagai media pembelajara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Literasi digital merupakan salah satu langkah yang digunakan oleh para guru MTs SA Darul Istiqomah dalam proses belajar mengajar terutama guru Aqidah Ahlak. Dalam literasi digital, para siswa MTs SA Darul Istiqomah dilatih untuk mengembangkan 3 keterampilan, yaitu: a. Keterampilan Digital, b. Keterampilan Mengatur Waktu, c. Keterampilan Mencari Informasi 2) Literasi digital siswa MTs SA Darul Istiqomah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ada beberapa faktor yang dapat dijadikan patokan, bukan faktor nilai saja, melainkan juga dari beberapa faktor berikut: a. Meningkatnya ketekunan siswa, b. Meningkatnya kecerdasan siswa, c. Intelektual. 3) Faktor Penghambat Dalam Penerapan Literasi Digital Siswa MTs SA Darul Istiqomah antara lain: a. Jaringan internet error b. Pembelajaran melebihi durasi waktu, c. Fasilitas digital yang sering mendadak error. Adapun solusi yang disarankan adalah: a. Menyediakan wifi atau jaringan internet cadangan, b. Memberikan arahan kepada para siswa dan guru, c. Menyediakan fasilitas digital tambahan sebagai cadangan jika diperlukan
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Literasi Digital, Meningkatkan Hasil Belajar |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Roikhanuzzahri |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:48 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 06:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 Thesis advisor CHOIRI, MOH. MIFTAHUL NIDN0704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2792 |