IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs SA DARUL ISTIQOMAH KEPOHBARU BOJONEGORO

AHMAD, ROIKHANUZZAHRI (2023) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs SA DARUL ISTIQOMAH KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan komunikasi dan teknologi informasi, diiringi dengan pesatnya teknologi digital, kesadaran dan kemampuan bermedia. Literasi media dan literasi digital merupakan pendekatan yang memiliki focus analisis kritis terhadap konten dari pesan media. Paparan berbagai macam informasi dari media membuat kebanyakan orang kebingungan mana informasi yang bermanfaat dan mana yang tidak. Maka dengan adanya fenomena tersebut, pengetahuan literasi digital sangat dibutuhkan sebagai modal bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan dalam memilah dan mengevaluasi isi media dengan tajam dan teliti sehingga mampu memanfaatkan isi media sesuai dengan kebutuhannya sebagai media pembelajara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Literasi digital merupakan salah satu langkah yang digunakan oleh para guru MTs SA Darul Istiqomah dalam proses belajar mengajar terutama guru Aqidah Ahlak. Dalam literasi digital, para siswa MTs SA Darul Istiqomah dilatih untuk mengembangkan 3 keterampilan, yaitu: a. Keterampilan Digital, b. Keterampilan Mengatur Waktu, c. Keterampilan Mencari Informasi 2) Literasi digital siswa MTs SA Darul Istiqomah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ada beberapa faktor yang dapat dijadikan patokan, bukan faktor nilai saja, melainkan juga dari beberapa faktor berikut: a. Meningkatnya ketekunan siswa, b. Meningkatnya kecerdasan siswa, c. Intelektual. 3) Faktor Penghambat Dalam Penerapan Literasi Digital Siswa MTs SA Darul Istiqomah antara lain: a. Jaringan internet error b. Pembelajaran melebihi durasi waktu, c. Fasilitas digital yang sering mendadak error. Adapun solusi yang disarankan adalah: a. Menyediakan wifi atau jaringan internet cadangan, b. Memberikan arahan kepada para siswa dan guru, c. Menyediakan fasilitas digital tambahan sebagai cadangan jika diperlukan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Literasi Digital, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Roikhanuzzahri
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:48
Last Modified: 07 Sep 2023 06:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
Thesis advisor
CHOIRI, MOH. MIFTAHUL
NIDN0704019003
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item
View Item