IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MA ROUDLOTUT THOLIBIN BALONGCABE KEDUNGADEM BOJONEGORO

RAHMAWATI, NAFIA ANA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MA ROUDLOTUT THOLIBIN BALONGCABE KEDUNGADEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan mempersiapkan individu menghadapi tantangan dimasa depan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah mengembangkan model pembelajaran yang efektif dan responsif terhadap perubahan sosial dan teknologi. Problem based learning (PBL) menjadi alternatif model pembelajaran yang efektif, di mana peserta didik menggunakan masalah sebagai motivasi untuk belajar dan mengaplikasikan konsep dalam situasi nyata. Problem based learning tidak hanya memperdalam pemahaman konsep, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggambarkan pengimplementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran akidah akhlak.
Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pelajaran akidah akhlak kelas XI MA Roudlotut Tholibin Balongcabe, dapat membantu peserta didik aktif dalam memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan akidah akhlak, mendorong berpikir kritis, analisis konteks, mencari solusi, dan berkolaborasi dengan teman sekelas. Respon positif peserta didik kelas XI MA Roudlotut Tholibin terhadap pelajaran akidah akhlak dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) adalah antusiasme tinggi, partisipasi aktif dalam diskusi, kolaborasi dalam pemecahan masalah, dan peningkatan motivasi belajar serta keterampilan berpikir kritis. Namun, ada juga peserta didik yang pasif atau enggan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pelajaran akidah akhlak kelas XI MA Roudlotut Tholibin adalah lingkungan belajar kondusif, dukungan sosial, dan sumber daya pendukung yang memadai. Media pembelajaran relevan, lingkungan positif, dan materi menarik juga berperan penting. Namun, kendala dalam penerapan model pembelajaran problem based learning adalah keterbatasan waktu dan ketidakaktifan beberapa peserta didik.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Akidah Akhlak dan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problem Based Learning, Akidah Akhlak dan Berpikir Kritis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nafia Ana Rahmawati
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:30
Last Modified: 07 Sep 2023 04:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SILFIYAH, KHOIROTUS
NIDN2119049201
Thesis advisor
ROIN, USMAN
NIDN0728088204
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item
View Item