RAHMAWATI, NAFIA ANA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MA ROUDLOTUT THOLIBIN BALONGCABE KEDUNGADEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (255kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (492kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (471kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (468kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (237kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (375kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan mempersiapkan individu menghadapi tantangan dimasa depan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah mengembangkan model pembelajaran yang efektif dan responsif terhadap perubahan sosial dan teknologi. Problem based learning (PBL) menjadi alternatif model pembelajaran yang efektif, di mana peserta didik menggunakan masalah sebagai motivasi untuk belajar dan mengaplikasikan konsep dalam situasi nyata. Problem based learning tidak hanya memperdalam pemahaman konsep, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggambarkan pengimplementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran akidah akhlak.
Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pelajaran akidah akhlak kelas XI MA Roudlotut Tholibin Balongcabe, dapat membantu peserta didik aktif dalam memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan akidah akhlak, mendorong berpikir kritis, analisis konteks, mencari solusi, dan berkolaborasi dengan teman sekelas. Respon positif peserta didik kelas XI MA Roudlotut Tholibin terhadap pelajaran akidah akhlak dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) adalah antusiasme tinggi, partisipasi aktif dalam diskusi, kolaborasi dalam pemecahan masalah, dan peningkatan motivasi belajar serta keterampilan berpikir kritis. Namun, ada juga peserta didik yang pasif atau enggan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pelajaran akidah akhlak kelas XI MA Roudlotut Tholibin adalah lingkungan belajar kondusif, dukungan sosial, dan sumber daya pendukung yang memadai. Media pembelajaran relevan, lingkungan positif, dan materi menarik juga berperan penting. Namun, kendala dalam penerapan model pembelajaran problem based learning adalah keterbatasan waktu dan ketidakaktifan beberapa peserta didik.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Akidah Akhlak dan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Problem Based Learning, Akidah Akhlak dan Berpikir Kritis |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nafia Ana Rahmawati |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:30 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SILFIYAH, KHOIROTUS NIDN2119049201 Thesis advisor ROIN, USMAN NIDN0728088204 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2782 |