AFRIDAYANTI, JULIA DWI (2023) PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (105kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (553kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (870kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (551kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (767kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (517kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (607kB)
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Toleransi sangat penting untuk ditanamkan di jiwa seseorang, guna menjadikan pribadi positif dan bias menerima perbedaan dilingkungan sekitar. Toleransi pada dasarnya adalah kemampuan memahami dan menerima adanya perbedaan, entah itu perbedaan agama, kebudayaan, yang mana kita harus saling memahami dan menerima perbedaan yang ada, ini adalah sebuah upaya agar tercipta hubungan yang harmonis di masayarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai toleransi beragama melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMA Negeri 4 Bojonegoro, dan kedua untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai toleransi beragama di SMA Negeri 4 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisikan penjelasan tentang data yang diperoleh di lapangan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, memaparkan data tersebut, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa 1) dalam menanamkan nilai toleransi kepada siswa, guru PAI menggunakan beberapa strategi yang efektif, terdapat beberapa nilai-nilai toleransi yang diajarkan, yaitu: toleransi antar umat beragama, toleransi antar teman, serta toleransi dalam menghadapi perbedaan di masyarakat; 2) terdapat lima faktor pendukung jalannya proses penanaman nilai-nilai toleransi yaitu: respon baik dari siswa, dukungan kepala sekolah, dukungan dari orangtua siswa, serta sarana prasarana yang lengkap. Sementara itu faktor penghambat yang ditemukan yaitu kurangnya luas musholla dan bangunan lain, dan masih ada siswa yang pemahaman tentang toleransi yang kurang.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi, PAI, Penanaman Nilai |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | JULIA DWI AFRIDAYANTI |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:05 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SHOFIYUDDIN, AHMAD NIDN2115058905 Thesis advisor MUTHI'UDDIN, AHMAD NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2759 |