FAJRIN, ISNA MUTIARA (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE WAFA TERHADAP KOMPETENSI HAFALAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN KELAS VII DI SMP IT INSAN PERMATA KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (724kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (907kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (786kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (601kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (728kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam dan merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim. Kegiatan menghafal Al-Qur’an adalah berusaha mengingat rangkaian bacaan Al-Qur’an dengan benar dan fasih. Ada banyak metode yang digunakan dalam proses menghafal, di antaranya ialah metode wafa. Metode wafa merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an secara kompreherensif dan integratif. Metode ini disusun untuk memaksimalkan peran otak kanan dalam membantu proses menghafal Al-Qur’an agar lebih mudah dan kuat hafalannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan kuesioner atau angket. Teknis analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan analisis inferensial yaitu : uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan metode wafa di SMP IT Insan Permata Kabupaten Bojonegoro dilaksanakan dengan baca simak klasikal (BSK), yaitu guru membaca dan siswa menirukannya. (2) Hasil analisis menunjukkan adanya efektivitas dari penggunaan metode wafa terhadap kompetensi hafalan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an. Hasil penelitian uji T diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,477>2,042 (n=32) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan H_a diterima. (3) Hasil penggunaan metode wafa perubahan sangat signifikan adalah awal kondisi siswa yang susah dan malas untuk membaca Al-Qur’an menjadi gemar membaca, bahkan sangat senang untuk menghafal Al-Qur’an tanpa ada rasa beban. Dampak positif penerapan metode wafa adalah: membantu pendidik dalam menyampaikan materi dengan mengamati dan mencari solusi sesuai dengan gaya belajar siswa secara mudah dan efisien, membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran Al-Qur’an, dan membuat hafalan siswa menjadi lebih kuat.
Kata Kunci : Metode Wafa, Kompetensi Hafalan, Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode wafa, Kompetensi Hafalan, Al-Qur'an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISNA MUTIARA FAJRIN |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:08 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:08 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SILFIYAH, KHOIROTUS NIDN2119049201 Thesis advisor ROIN, USMAN NIDN0728088204 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2734 |