PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF BOWLING HURUF HIJAIYYAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL-MAKMUR MAYANGREJO KECAMATAN KALITIDU BOJONEGORO

Shalikah, Maratus (2019) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF BOWLING HURUF HIJAIYYAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL-MAKMUR MAYANGREJO KECAMATAN KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan alat permainan edukatif bowling huruf hijaiyyah dapat menjadi
salah satu alternatif media pembelajaran pada anak usia dini. Pada penelitian ini
aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui alat permainan edukatif
bowling huruf hijaiyyah yaitu aspek perkembangan kognitif, karena alat
permainan edukatif bowling huruf hijaiyyah dapat digunakan sebagai media
pembelajaran untuk menstimulus perkembangan kognitif anak khususnya dalam
hal mengenal huruf hijaiyyah. Kemampuan anak kelompok A di RA Al-Makmur
Mayangrejo Kecamatan Kalitidu Bojonegoro dalam mengenal huruf hijaiyyah
masih ternilai rendah. berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan ide,
gagasan atau rencana untuk melakukan penelitian di lembaga tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari alat permainan
edukatif bowling huruf hijaiyyah terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyyah
anak usia 4-5 tahun di RA Al-Makmur Mayangrejo Kecamatan Kalitidu
Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksperimen. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak
kelompok A di RA Al-Makmur yang berjumlah 15 anak. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data pada penelitian ini dengan uji statistika dan mendeskripsikan data.
Hasil penelitian dan uji hipotesis telah menunjukkan bahwa hasil pencapaian
perkembangan anak dalam mengenal huruf hijaiyyah mengalami kenaikan,
sehingga alat permainan edukatif bowling huruf hijaiyyah berpengaruh terhadap
perkembangan kognitif yang lebih baik, yaitu anak mampu mengenal huruf
hijaiyyah. Analisis deskriptif yang diperoleh dari hasil uji sign wilcoxon dapat
diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh perkembangan kemampuan
mengenal huruf hijaiyyah yang signifikan antara sebelum dan sesudah
penggunaan alat permainan edukatif bowling huruf hijaiyyah. Peningkatan
tersebut menunjukkan bahwa alat permainan edukatif bowling huruf hijaiyyah
berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyyah anak usia 4-5 tahun
di RA Al-Makmur Mayangrejo Kecamatan Kalitidu Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Bowling Huruf Hijaiyyah, Mengenal Huruf.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 23 Nov 2021 15:56
Last Modified: 23 Nov 2021 15:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item
View Item