EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA

SULIKAH, SULIKAH (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang masih rendah ditandai dengan siswa kesulitan menjawab pertanyaan dari guru ketika pembelajaran, mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan kesulitan menyelesaikan tugas rumah yang diberikan guru setelah pembelajaran selesai, dan Metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang Efektif . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran RME ( Realistic Mathematic Education). hal ini merupakan upaya untuk mengetahui sejauh evektivitas kemampuan psesrta didik dalam pembelajaran terkhusus pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretesst-prottest group desaign. Penelitian ini dilakukan di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban pada kelas VIII dengan jumlah 39 peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar pretest dan posttest. Teknik pengunpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan teknik tes . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik analisis deskriptif dan infensia yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji indenpendent sample t-test) degan menggunakan program aplikasi statistic SPSS versi 26 dengan taraf signifikan 5%. hasil perhitungan uji indenpendent sample t-test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,009 > 0,05. kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran RME ( Realistic Mathematic Education) memiliki efektivitas terhadap kamampuan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education, pemahaman konsep matematika, Bangun ruang sisi datar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SULIKAH SULIKAH
Date Deposited: 14 Nov 2022 09:00
Last Modified: 14 Nov 2022 09:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SARI, ASTRID CHANDRA
0721059101
Thesis advisor
ISMANTO, ISMANTO
0709108004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item
View Item