SULIKAH, SULIKAH (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (303kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (525kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (825kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (819kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (919kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (298kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (303kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang masih rendah ditandai dengan siswa kesulitan menjawab pertanyaan dari guru ketika pembelajaran, mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan kesulitan menyelesaikan tugas rumah yang diberikan guru setelah pembelajaran selesai, dan Metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang Efektif . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran RME ( Realistic Mathematic Education). hal ini merupakan upaya untuk mengetahui sejauh evektivitas kemampuan psesrta didik dalam pembelajaran terkhusus pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretesst-prottest group desaign. Penelitian ini dilakukan di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban pada kelas VIII dengan jumlah 39 peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar pretest dan posttest. Teknik pengunpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan teknik tes . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik analisis deskriptif dan infensia yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji indenpendent sample t-test) degan menggunakan program aplikasi statistic SPSS versi 26 dengan taraf signifikan 5%. hasil perhitungan uji indenpendent sample t-test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,009 > 0,05. kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran RME ( Realistic Mathematic Education) memiliki efektivitas terhadap kamampuan pemahaman konsep peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematic Education, pemahaman konsep matematika, Bangun ruang sisi datar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SULIKAH SULIKAH |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 09:00 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 09:00 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SARI, ASTRID CHANDRA 0721059101 Thesis advisor ISMANTO, ISMANTO 0709108004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2280 |