SISTEM PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (SPPPI) “ RAUDLATUT THALIBIN “ TANGGIR SINGGAHAN TUBAN (Analisis Relevansi Kurikulum Pesantren dengan Kebutuhan Masyarakat)

MASKURI, IMAM (2013) SISTEM PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (SPPPI) “ RAUDLATUT THALIBIN “ TANGGIR SINGGAHAN TUBAN (Analisis Relevansi Kurikulum Pesantren dengan Kebutuhan Masyarakat). Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

Pesantren adalah salah satu bentuk pendidikan Islam yang bertujuan untuk membentuk manusia-manusia yang baik dalam hubungannya dengan Allah maupun dalam hubungannya dengan manusia. Untuk itu pesantren memberikan bekal yang dibutuhkan untuk bisa berhubungan baik dengan Allah dalam bentuk pelaksanaan ibadah-ibadah ritual seperti shalat, zakat, puasa, dan haji. Dan ibadah sunah yang lainnya. Disamping itu pesantren mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan (sains dan teknologi) yang diperlukan oleh santri agar mampu mengatasi persoalan dan kendala keduniaan dalam berhubungan dengan sesama manusia. Sesuai dengan ruang lingkup masalah sebagaimana dijelaskan di atas, maka permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Untuk mendeskripsikan kurikulum PPPI Raudlatut Thalibin Tanggir Singgahan Tuban. 2. Untuk memaparkan proses pengembangan kurikulum di Pesantren Raudlatut Thalibin Tanggir Singgahan Tuban. 3. Untuk menganalisis relevansi kurikulum pesantren dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Kurikulum yang ada boleh jadi akan memberikan sumbangan yang tidak sedikit bagi proses Islamisasi masyarakat sekitar sehingga memenuhi tuntutan kebutuhannya. Jadi kurikulum yang ditetapkan bersatu-padu dengan masyarakat sekitar. PPPI Roudhotut Tholibin Tanggir Singgahan Tuban mengembangkan kurikulumnya dengan memantapkan ilmu dan pengetahuan umum kedalam materi ajarnya yang dijiwai nilai-nilai Islam sehingga dapat mendorong maju santri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan dari materi yang diajarkan terfokus pada pendalaman ilmu yang komplek dengan orientasi luas ke masa depan. Tujuan umum dari segala kegiatan ialah mempersiapkan para santri agar mereka menjadi manusia yang tidak asing dari kehidupan masyarakat. Dan secara aktif dan konstruktif mendorong masyarakat untuk selalu melakukan kerja-kerja pembebasan dari segala keburukan moral, penindasan politik, pemiskinan ilmu pengetahuan dan bahkan dari pemiskinan ekonomi. Pada tataran ini ternyata pesantren berfungsi sebagai pelaku pengembangan masyarakat yang menyebarkan informasi ajaran tentang universitas Islam yang berwatak pluralis baik dalam dimensi kepercayaan, budaya maupun kondisi sosial masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Pondok Pesantren Islam, Kebutuhan Masysrakat
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:50
Last Modified: 26 Oct 2021 22:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sugeng, Sugeng
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Huda, Agus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item
View Item