AMIROH, KHITBAROTUL (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS KELAS XI DI MA ISLAHIYAH KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (224kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (642kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (716kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (562kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (694kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (538kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Menurut Keputusan Menteri Agama Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah merupakan salah satu Mata pelajaran Agama Islam yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis dengan benar, serta hafalan-hafalan surah pendek, hadis-hadis tentang ahlak terpuji, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari hari melalui keteladanan dan pembiasaan kegiatan yang ada di Madrasah. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered ead Together (NHT) pada mata pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas XI MA Islahiyah Kalitidu dan Efektivitas model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered ead Together (NHT) pada mata pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas XI MA Islahiyah Kalitidu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisisnya, yaitu berupa data-data hasil dari observasi dan wawancara dan penelitian ini berlokasi di MA Islahiyah yang beralamatkan di jalan Ngasem Raya Kalitidu Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) menarik kesimpulan. Berdasarkan pelaksanaan model pemeblajaran Kooperatif Tipe Numbered ead Together (NHT) ada beberapa langkah yang pertama menyiapkan bahan ajar dan melaksanakan model pembelajaran yang diawali 1) realisasi praktik siswa, 2) membentuk kelompok belajar sesuai 5-6 siswa, (3) tiap kelompok memberikan nama yaitu A,B,C,D, dan tugas, 4) diskusi masalah, 5) memanggil nomor atau presentasi, 6) memberi kesimpulan. Selanjutnya tahap evaluasi berdasarkan pengamatan di MA Islahiyah Kalitidu yang menjadi beberapa hal yang menjadi perhatian guru harusnya mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, dapat dilihat dalam proses pembelajaran telah lebih baik pada setiap indikator terlaksana dengan sempurna. Dapat penulis mendiskripsikan bahwa efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi penciptaan manusia perlu dikembangkan dan lebih terapkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam bentuk pengalaman belajar. Oleh karena itu model pembelajaran yang saat ini di anggap tepat dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi penciptaan manusia adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), karena model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memungkinkan proses belajar yang menyenangkan, karena pembelajaran dilakukan secara berkelompok, sehingga siswa dapat mempraktekkan secara langsung mendorong siswa untuk bersemangat dalam pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan termotivasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian kualitatif, model Numbered Head Together |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | khitbarotul amiroh |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 09:30 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 09:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Anisah, Giati UNSPECIFIED Thesis advisor Sa'diyah, Zumrotus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2151 |