INTEGRASI KURIKULUM 2013 DENGAN PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI RA ISLAMIYAH BEGED GAYAM BOJONEGORO

NI'AZA, ELSE HUSNUN (2022) INTEGRASI KURIKULUM 2013 DENGAN PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI RA ISLAMIYAH BEGED GAYAM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Usia dini merupakan golden age atau masa keemasan pertumbuhan umat manusia, masa di mana hal – hal yang mereka tangkap akan permanen menetap dalam dirinya sampai ke tahapan selanjutnya. Maka, pentingnya penanaman nilai moral sangat dibutuhkan untuk bekal menjadi pribadi yang berkarakter, terampil, berpikir kritis dan berdaya literasi yang tinggi. Seringkali dibutuhkan lebih dari satu referensi pembelajaran untuk mewujudkan standaritasi perkembangan anak usia dini yang mumpuni. Oleh karena itu kemampuan organisasi untuk menggabungkan antara satu sistem dengan yang lainnya sangat penting agar terwujudnya integrasi yang sempurna. Begitupun dalam dunia Pendidikan terutama pada kegiatan pembelajaran anak usia dini tentu diperlukan adanya referensi yang lebih kompleks. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di RA Islamiyah yang berada di Petak Beged kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Subjek penelitian ini adalah Staff Indonesia Heritage Foundation (IHF), Kepala Sekolah, guru serta wali murid. Sedangkan objek penelitian ini adalah Integrasi kurikulum 2013 dengan pendidikan holistik berbasis karakter di RA Islamiyah Petak Beged Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data skunder yang diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kepala sekolah RA Islamiyah Petak Beged mulai meningkatkan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan program Pendidikan Holistik Berbasis Karakter yang dipadukan kurikulum 2013. Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dimana K13 sebagai acuan dan Indikator. Sedangkan pengimplementasian pada peserta didik lebih menggunakan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Pendukung dan penghambat Kerjasama antara tenaga pendidik dan staf IHF, penggunaan modul Pendidikan Holistik Berasis Karakter yang tidak bisa sepenuhnya dikarenakan penilaiannya menggunakan Kurikulum 2013. Sehingga diketahui Lembaga tersebut menerapkan Integrasi ini dengan baik, serta dapat meningkatkan kualitas Lembaga menjadi lebih maksimal dalam membentuk karakter anak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pendidikan Holistik Berbasis Karakter, Kurikulum 2013
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Else Husnun Ni'aza
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:48
Last Modified: 03 Nov 2022 02:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fikri, M.Tsaqibul
tsaqibul@sunan-giri.ac.id
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
labiba@unugiri.ac.id
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item
View Item