PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL DAN NILAI KEAGAMAAN MELALUI LAGU-LAGU ISLAMI PADA ANAK USIA 5- 6 TAHUN DI RA AL-RIDLWAN SUMBERWULUH KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

HAMIDAH, LULUK NUR (2022) PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL DAN NILAI KEAGAMAAN MELALUI LAGU-LAGU ISLAMI PADA ANAK USIA 5- 6 TAHUN DI RA AL-RIDLWAN SUMBERWULUH KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Moral adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian anak untuk menjalani kehidupan di masa depan dengan melalui pendidikan budi pekerti dan juga berbekal ilmu pengetahuan agama. Nilai keagamaan adalah nilai-nilai yang ada dalam kehidupan beragama yang menjadikan aturan-aturan agama sebagai pedoman berperilaku, untuk mencapai kehidupan yang sejahtera dan bahagia di dunia maupun di akhirat kelak. Lagu-Lagu Islami adalah metode yang menunjang dalam proses belajar mengajar dengan syair, nada dan teks yang bernuansa tentang agama islam yang di kemas dengan menyenangkan untuk menarik minat anak usia dini dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualilatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan yakni interview mendalam kepala sekolah, guru, dan wali murid Sumberwuluh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan hasil penelitian dalam meningkatkan perkembangan moral dan nilai keagamaan melalui lagu-lagu Islami pada anak usia 5-6 Tahun di RA AlRidlwan Sumberwuluh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Terdapat faktor pendukung dan juga faktor penghambat. Faktor pendukungnya adalah guruguru memiliki keterampilan seni suara yang cukup mendukung dalam proses pembelajaran lagu khususnya lagu-lagu islami dan ketersediaan alat musik seperti soundsistem dan mic termasuk faktor pendukung dalam proses pembelajaran melalui lagu-lagu islami. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pengetahuan orang tua terhadap lagu-lagu islami yang di nyanyikan di sekolah, sehingga anak tidak terbiasa menyanyikanya dirumah karena anak kurang memperhatikan dan masih malu ketika bernyanyi di sekolah jadi lupa dengan apa yang di sampaikan guru. Kurangnya fasilitas sekolah untuk memutar video tentang lagu-lagu islami juga menjadi faktor penghambat dalam proses pembelajaran moral dan nilai keagamaan melalui lagu-lagu islami. Kata kunci: Peningkatan Perkembangan Moral Dan Nilai Keagamaan Melalui Lagu-Lagu Islami, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Perkembangan Moral Dan Nilai Keagamaan Melalui Lagu-Lagu Islami, Anak Usia Dini
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 649 Pengasuhan anak; perawatan di rumah bagi para penyandang cacat dan penyakit > 649.7 Moral and Character Training/Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LULUK NUR HAMIDAH
Date Deposited: 02 Nov 2022 22:09
Last Modified: 02 Nov 2022 22:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
Ulfamasyhur8@gmail.com
Thesis advisor
SARI, ENDANG PUSPITA
Endangpuspitasari@unugiri.ac.id
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item
View Item