HIDAYAH, SITI NUR (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN INTERNET DI MA NURUL HASAN NGRAHO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (46kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (285kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (471kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (596kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (264kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (312kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia, berdampak dalam berbagai bidang, salah satunya pada bidang pendidikan yang mengarah pada pembelajaran daring, dalam sistem pembelajaran daring secara langsung penggunaan internet yang cukup tinggi dan memiliki ketergantungan internet untuk belajar maupun aktifitas lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan internet pada pelajar MA Nurul Hasan yang meliputi tiga hal yaitu; (1) Kecanduan internet yang terjadi pada siswa di MA Nurul Hasan Ngraho. (2) Keefektifan bimbingan kelompok di MA Nurul Hasan Ngraho. (3) Keefektifan self management di MA Nurul Hasan Ngraho. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre-Ekperimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Desain ini terdapat pretest (sebelum diberi perlakuan), dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Desain ini digunakan sesuai dengan tujuan penelitian yang hendak dicapai, yaitu mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik self management untuk mengurangi kecanduan internet. Subjek penelitian adalah siswa MA Nurul Hasan Ngraho Tahun ajaran 2022/2023. Data di kumpulkan instrument komunikasi antar pribadi. Teknik analisis data menggunakan uji paired t test untuk membandingakan nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran mengenai kecanduan internet siswa MA sebeleum diberikan bimbingan melalui teknik self management, gambaran mengenai kecanduan internet siswa MA setelah di berikan bimbingan melalui teknik self management, dan perbedaan sebelum dan setelah diberikan layanan gambaran Kecanduan Internet Siswa Kategori Jumlah Siswa Persentase Tinggi 0 Sedang 22 32,8% Rendah 45. 67,2% Jumlah 67 100%, kondisi kecanduan internet presentase sedang = ( Jumlah sedang : total siswa) x 100 = 22 : 67 x 100 = 32,8% Presentase rendah = (jumlah rendah : total siswa) x 100 = 45 : 67 x 100 = 67,2 % Tabel 4.1 menunjukkan bahwa pada kategori tinggi terdapat 0 siswa , pada kategori sedang terdapat 22 siswa dengan presentase 32,8%, dan siswa dengan kategori rendah berjumlah 45 siswa dengan presentase sebesar 47,2%.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Kecanduan Internet |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | SITI NUR HIDAYAH |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 01:21 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor RACHMAWATI, ULVINA UNSPECIFIED Thesis advisor TAWAKKAL, M IQBAL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1899 |