KEEFEKTIFAN STRATEGI COVERT MODELING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS VIII SMP AL HIKMAH CEPU

LESTARI, INDAH MEI (2022) KEEFEKTIFAN STRATEGI COVERT MODELING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS VIII SMP AL HIKMAH CEPU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan rendahnya komunikasi antar pribadi atau komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP Al hikmah cepu yang ditandai dengan perilaku siswa yang masih malu untuk berkomunikasi dengan sesama temannya maupun bapak ibu guru, siswa masih mau dalam menyampaikan pendapat saat pelajaran. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru guru kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi covert modeling dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre eksperiment dengan desain one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al Hikmah Cepu Tahun ajaran 2021/2022. Data di kumpulkan instrument komunikasi antar pribadi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk membandingakan nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII sebelum diberikan perlakuan strategi covert modeling berada dalam kategori rendah Dengan presentase rata-rata 60,05 % dan setelah diberikan perlakuan dengan strategi covert modeling mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata-rata 77,15 %. Perbedaan antara hasil presentase sebelum dan sesudah treatment rata-rata yaitu 17,1 %. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test. Artinya strategi covert modeling cukup efektif dalam meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Covert Modeling, bimbingan kelompok, Komunikasi Antar Pribadi Siswa
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: INDAH MEI LESTARI
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:24
Last Modified: 27 Oct 2022 07:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NOVITASARI, ZETI
UNSPECIFIED
Thesis advisor
DISTIRA, RIZKI PUTRA AYU
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item
View Item