PENERAPAN METODE YAHQI DALAM PROGRAM MENGHAFAL HADITS SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) NURUR ROHMAH SEDENG, KANOR, BOJONEGORO

BIHAMDILLAH, ELITA (2021) PENERAPAN METODE YAHQI DALAM PROGRAM MENGHAFAL HADITS SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) NURUR ROHMAH SEDENG, KANOR, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sumber hukum umat islam sesudah Al-Qur’an ialah hadits. Umat muslim harus menanamkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW, dalam hal ini dapat dilakukan dengan mengenalkan hadist–hadist sederhana kepada anak. Dalam proses menghafal hadits biasanya metode pembelajaran yang diterapkan terkesan monoton, maka diperlukan metode pembelajaran yang kreatif, aktif, namun juga menyenangkan hingga hasilnya efektif. Oleh karena itu, metode yang tepat sangat diperlukan untuk menghafal hadits supaya anak bisa mengenal hadits dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Yahqi dalam program menghafal hadits sebagai upaya pembentukan karakter santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurur Rohmah Sedeng, Kanor Bojonegoro, dengan sub fokus mencakup: (1) penerapan MetodeYahqi (2) faktor pendukung dan penghambat, yang dilakukan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurur Romah Sedeng, Kanor, Bojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber dan metode. Informan penelitian yaitu kepala TPQ, guru TPQ, dan santri. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan Metode Yahqi dalam program mwnghafal hadits sebagai upaya pembentukan karakter santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurur Rohmah Sedeng, Kanor Bojonegoro meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Keberhasilan penerapan Metode Yahqi dalam program menghafal hadits terhadap karakter santri yang telah diterapkan pada karakter meliputi karakter religius, disiplin dan tanggung jawab. (2) faktor pendukung penerapan Metode Yahqi dalam program menghafal hadits sebagai upaya pembentukan karakter santri TPQ Nurur Rohmah Sedeng, Kanor, Bojonegoro adalah semangat yang tinggi dari santri dalam menghafal, support orang tua dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pendidik, tingkat kecerdasan santri yang berbeda, orang tua kurang mahir melafalkan bacaan hadits, dan buku panduan hafalan hadits tidak dilengkapi dengan gambar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Yahqi, gerakan, karakter
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elita Bihamdillah
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:29
Last Modified: 27 Oct 2022 03:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aziz, Su'udin
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Februyani, Nawafila
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item
View Item