KEEFEKTIFAN TEKNIK MIND MAPPING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA SMPN 5 BOJONEGORO

ROSYIDAH, WIDAD NUR (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK MIND MAPPING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA SMPN 5 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of awalan wdd.pdf] Text
awalan wdd.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tujuan dalam pembelajaran di sekolahan yaitu sebagai bentuk wahana untuk menumbuhkan kemampuan critical thinking, yang mana critical thinking ini berguna untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Critical Thinking atau lebih familiar dengan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam sebuah pembelajaran untuk memecahkan masalah secara cermat, teliti dan logis. Critical Thinking memiliki 5 aspek, diantaranya, (1) Elementary Clarification, (2) Basic Support (3) Inference (4) advance calrification (5) Strategy and tactic Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan critical thinking siswa melalui teknik mind mapping. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 5 Bojonegoro, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII I sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Data kemampuan critical thinking aspek pengetahuan diperoleh melalui metode tes, untuk data kemampuan critical thinking sikap diperoleh melalui metode observasi. Peningkatan kemampuan critical thinking dihitung melalui uji Normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan critical thinking siswa , nilai rata-rata pre-test 50%, sedangkan nilai rata-rata post test 83%, dari hasil post test dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik Mind Mapping efektif untuk meningkatkan Critical Thinking siswa. Kata kunci: Critical Thinking , Mind Mapping,Bimbingan Kelompok

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Critical Thinking
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.26 Examinations and Tests/Ujian Akademik, Tes Akademik
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: WIDAD NUR ROSYIDAH
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:55
Last Modified: 24 Oct 2022 06:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NOVITASARI, ZETI
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SETYONINGSIH, YUNITA DWI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item
View Item