ROSYIDAH, WIDAD NUR (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK MIND MAPPING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA SMPN 5 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (368kB)
awalan wdd.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (459kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (332kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (450kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Salah satu tujuan dalam pembelajaran di sekolahan yaitu sebagai bentuk wahana untuk menumbuhkan kemampuan critical thinking, yang mana critical thinking ini berguna untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Critical Thinking atau lebih familiar dengan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam sebuah pembelajaran untuk memecahkan masalah secara cermat, teliti dan logis. Critical Thinking memiliki 5 aspek, diantaranya, (1) Elementary Clarification, (2) Basic Support (3) Inference (4) advance calrification (5) Strategy and tactic Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan critical thinking siswa melalui teknik mind mapping. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 5 Bojonegoro, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII I sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Data kemampuan critical thinking aspek pengetahuan diperoleh melalui metode tes, untuk data kemampuan critical thinking sikap diperoleh melalui metode observasi. Peningkatan kemampuan critical thinking dihitung melalui uji Normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan critical thinking siswa , nilai rata-rata pre-test 50%, sedangkan nilai rata-rata post test 83%, dari hasil post test dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik Mind Mapping efektif untuk meningkatkan Critical Thinking siswa. Kata kunci: Critical Thinking , Mind Mapping,Bimbingan Kelompok
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Critical Thinking |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.26 Examinations and Tests/Ujian Akademik, Tes Akademik |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | WIDAD NUR ROSYIDAH |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 06:55 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 06:55 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NOVITASARI, ZETI UNSPECIFIED Thesis advisor SETYONINGSIH, YUNITA DWI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1794 |