VERAWATI, RIRIN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSYBOOK PADA MATERI MENGENAL PECAHAN DI KELAS II MI RHOUDLOTUT THOLIBIN ASH-SHODIQIN MAIBIT RENGEL TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (953kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (950kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (927kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V .pdf
Download (849kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (863kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pecahan merupakan salah satu kajian inti dari materi matematika yang dipelajari siswa di Sekolah Dasar atau di Madrasah Ibtidaiyah, belajar matematika tidak hanya dengan menghafal namun harus memamahami konsep yang berurutan oleh sebab itu media memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan di mana media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan, dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton, dan tidak membosankan. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu Media Busybook terdapat berbagai kombinasi warna dan gambar sehingga peserta didik akan menceritakan sesuai apa yang di lihat pada gambar tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Busybook pada materi mengenal pecahan di kelas II MI Rhoudlotut Tholibin Ash-Shodiqin Maibit Rengel Tuban dan mengetahui bagaimana validitasi pengembangan media pembelajaran Busybook pada materi mengenal pecahan di kelas II MI Rhoudlotut Tholibin Ash-Shodiqin Maibit Rengel Tuban.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data meliputi analisa validasi media pembelajaran, analisa keterlarasan media pembelajaran dan analisa respon siswa.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran busybook materi mengenal pecahan di kelas II MI Rhodlotut Tholibin Ash-Shodiqin Maibit Rengel Tuban sebagai berikut : maka ditemukan presentase validasi media pembelajaran busybook berjumlah 66% mendapat kriteria cukup baik. Dari validasi ahli materi didapatkan presentase berjumlah 86 % mendapat kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, media busybook, pecahan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | RIRIN VERAWATI |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 05:07 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 05:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sa'diyah, Zumrotus UNSPECIFIED Thesis advisor Mahruzah Yulia, Nurul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1787 |