Shobirin, Moh. Agung (2022) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN SEPAK BOLA TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK KELAS IV SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (214kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (717kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (373kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (850kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berawal dari temuan di lapangan bahwa beberapa siswa kurang antusias mengikuti pelajaran sepak bola khususnya siswa perempuan. Berdasarkan hasil observasi peneliti, penyebab utamanya diyakini guru yang kurang kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana belajar yang baru. Dalam suatu pembelajaran, modifikasi merupakan salah satu hal yang penting sebagai sarana agar siswa tidak merasa bosan. Dengan learning made fun, diyakini siswa akan lebih tertarik dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan adanya modifikasi permainan sepak bola diharapkan setiap guru dapat memaksimalkan kekurangan yang ada di sekolahnya agar siswa menjadi lebih tertarik dan tidak merasa bosan dalam belajar dan modifikasi permainan pada pendidikan jasmani dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan sepak bola terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan kelas IV Sekolah Dasar Integral Luqman Al Hakim Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest and posttest design. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan siswa berjumlah 37 kelas IV sebagai sampel, dimana teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan modifikasi permainan sepak bola terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan kelas IV Sekolah Dasar Integral Luqman Al Hakim Bojonegoro. Dengan nilai probabilitas atau Sig. = 0,000 (Sig. < 0,05), maka H1 diterima. Nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest (86,81 > 76,73). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modifikasi permainan sepakbola memberikan pengaruh terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan kelas IV Sekolah Dasar Integral Luqman Al Hakim Bojonegoro dengan peningkatan lebih baik sebesar 13%.