EFEKTIVITAS METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH DI MTS ISLAMIYAH AMPEL SUMBERREJO BOJONEGORO

KHASANAH, USWATUN (2022) EFEKTIVITAS METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH DI MTS ISLAMIYAH AMPEL SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of bab I.pdf] Text
bab I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of bab III.pdf] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of bab IV.pdf] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of bab V.pdf] Text
bab V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mengingat betapa pentingnya pembelajaran fiqh maka dalam penyampaian materinya membutuhkan metode agar peserta didik dapat berperan secara aktif dalam proses belajar. Khususnya yang berhubungan dengan aplikasi dalam perbuatan dari materi yang disampaikan, bila peserta didik tidak aktif atau tidak peduli dalam pencapaian tujuan pembelajaran maka proses tersebut tidak berjalan sesuai dengan pencapaian yang dituju. Melihat dari semua permasalahan yang dipaparkan di atas, maka dibutuhkan tindakan yang mampu mencari jalan keluarnya. Salah satu solusi adalah penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat, yaitu metode yang mampu membuat seluruh siswa terlibat dalam suasana pembelajaran. Metode mengajar merupakan salah satu cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Metode pembelajaran ini dijalankan bersama-sama antara teori dan praktik. Karena model pembelajaran ini adalah metode belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan ceria, sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih bervariasi selain dengan metode ceramah atau yang lainnya. Dalam pembelajaran materi fiqih,dan dapat dinyatakan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa model pembelajaran metode pembelajaran Quantum Learning berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya bisa disimpulkan. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada instrumen preetest 60-65 sedangkan hasilnilai rata-rata postest diatas kkm yaitu 70-100. Dari hasil Ttest nilai Ttabel diketahui (df)n1 atau20-119 makadapat dikatakan Ttabel nilainya 2,093. Maka dapat diketahui Nilai Thitung Ttabel (7,386 2,093). Kesimpulannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Pembelajaran Fiqih, Prestasi Belajar.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uswatun Khasanah
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:19
Last Modified: 24 Oct 2022 03:19
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aziz, Su'udin
suudin.aziz@unugiri.ac.id
Thesis advisor
Roin, Usman
usman@unugiri.ac.id
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item
View Item