KHASANAH, USWATUN (2022) EFEKTIVITAS METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH DI MTS ISLAMIYAH AMPEL SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (1MB)
AWALAN.pdf
Download (708kB)
bab I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB) | Request a copy
bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
bab V.pdf
Download (1MB)
daftar pustaka.pdf
Download (998kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Mengingat betapa pentingnya pembelajaran fiqh maka dalam penyampaian materinya membutuhkan metode agar peserta didik dapat berperan secara aktif dalam proses belajar. Khususnya yang berhubungan dengan aplikasi dalam perbuatan dari materi yang disampaikan, bila peserta didik tidak aktif atau tidak peduli dalam pencapaian tujuan pembelajaran maka proses tersebut tidak berjalan sesuai dengan pencapaian yang dituju. Melihat dari semua permasalahan yang dipaparkan di atas, maka dibutuhkan tindakan yang mampu mencari jalan keluarnya. Salah satu solusi adalah penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat, yaitu metode yang mampu membuat seluruh siswa terlibat dalam suasana pembelajaran. Metode mengajar merupakan salah satu cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Metode pembelajaran ini dijalankan bersama-sama antara teori dan praktik. Karena model pembelajaran ini adalah metode belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan ceria, sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih bervariasi selain dengan metode ceramah atau yang lainnya. Dalam pembelajaran materi fiqih,dan dapat dinyatakan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa model pembelajaran metode pembelajaran Quantum Learning berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya bisa disimpulkan. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada instrumen preetest 60-65 sedangkan hasilnilai rata-rata postest diatas kkm yaitu 70-100. Dari hasil Ttest nilai Ttabel diketahui (df)n1 atau20-119 makadapat dikatakan Ttabel nilainya 2,093. Maka dapat diketahui Nilai Thitung Ttabel (7,386 2,093). Kesimpulannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning, Pembelajaran Fiqih, Prestasi Belajar. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Uswatun Khasanah |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 03:19 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 03:19 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su'udin suudin.aziz@unugiri.ac.id Thesis advisor Roin, Usman usman@unugiri.ac.id |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1746 |