STRATEGI GURU DALAM MENANGANI INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK PUTRA BHAKTI 1 BANJARSARI TRUCUK BOJONEGORO

UMMAH, NI'MATUL (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK PUTRA BHAKTI 1 BANJARSARI TRUCUK BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Interaksi sosial merupakan hal yang biasa dapat dilakukan oleh siswa yang normal ketika belajar di sekolah, tetapi berbeda dengan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungannya. TK Putra Bhakti 1 merupakan sekolah inklusi dimana Anak Berkebutuhan Khusus dan teman reguler belajar dalam satu kelas yang sama. Menariknya, interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) disini dapat berinteraksi dengan baik melalui pendekatan khusus yang dilakukan oleh guru. maka dari adanya permasalahan tersebut penelitian ini sangat diperlukan.
Penelitian ini untuk mengetahui judul dari skripsi “Strategi guru dalam menangani interaksi sosial anak berkebutuhan khusus di TK Putra Bhakti 1 Banjarsari Trucuk Bojonegoro”, Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di kelompok A2 dengan jumlah 1anak, dan di kelompok B2 juga terdapat 1 anakank berkebutuhan khusus, Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa: Strategi yang dilakukan oleh guru dalam menangani interaksi sosial Anak yang Berkebutuhan Khusus TK Putra Bhakti 1 mengunakan 3 tahapan yaitu: Metode, Tehnik, dan Tahtik. Metode yang digunakan di TK Putra Bhakti 1 merupakan metode pendekatan dengan Anak Berkebutuhan Khusus yang dilakukan melalui 3 cara yaitu: pemahaman karakter, program bantu diri, dan kerjasama orang tua. Tehnik yang dilakukan disini dengan cara : memberikan nasehat berulang kepada Anak Berkebutuhan Khusus dan memberi pendamping kesabaran bagi anak autisme, speech delay, Serta yang terahir yaitu Tahtik yang dilakukan Guru Pendamping Khusus untuk menarik minat Anak Berkebutuhan Khusus dengan cara pemberian reward dan punishment.
Kata kunci : Strategi guru, Intraksi Sosial, Dan Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, Intraksi Sosial, Dan Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ni'matul Ummah
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:36
Last Modified: 24 Oct 2022 01:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
UTSMAN, AHMAD FARID
UNSPECIFIED
Thesis advisor
N'MAH, ROUDLOTUN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item
View Item