PENGARUH METODE DEBAT DALAM MENINGKATKAN NALAR BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA MIFTAHUL ULUM BULU BALEN BOJONEGORO

Ma'rufah, Zain Cholishotul (2022) PENGARUH METODE DEBAT DALAM MENINGKATKAN NALAR BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA MIFTAHUL ULUM BULU BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, menunjukan bahwa kemampuan minat belajar siswa tergolong rendah dikarenakan guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang tepat pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan metode debat. Dalam pembelajaran menggunakan metode debat ini diharapkan dapat mewujudkan sebuah perubahan minat belajar yang semakin tinggi dan mampu berfikir kritis untuk kebutuhan menghadapi pendidikan di era yang sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, sedangkan modelnya adalah quasi experimental design desainya yaitu nonequivalen control group pretest-postest design. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampelnya adalah 10 siswa kelompok eksperimen dan 10 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest dan postest. Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil uji deskriptif kelompok eksperimen dan kontrol, maka nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen ialah 60.60 sedangkan nilai rata-rata pretest kelompok kontrol ialah 64.20. Untuk uji statistik inferensial dengan menggunakan rumus independent samples test dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji tersebut, maka diperoleh nilai thitung >ttabel yaitu 2,330>1,734 Sedangkan nilai signifikan <0,05 yakni 0,032<0,05, maka hasil yang diperoleh adalah Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode debat dalam kemampuan meningkatkan nalar berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Debat, Berfikir Kritis, SKI
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 201855010104586@kelasonline.unugiri.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2022 09:08
Last Modified: 18 Oct 2022 09:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Anwar, Saeful
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item
View Item