IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN (BMQ) DI MTS WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL, NGASEM, BOJONEGORO

Muaffah, Nur Via Ulvatim (2022) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN (BMQ) DI MTS WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL, NGASEM, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran.pdf] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara atau langkah yang di tempuh oleh seorang pendidik ketika berinteraksi dengan peserta didik dalam upaya menyampaikan bahan pengajaran tertentu, agar bahan pengajaran tersebut mudah dicerna sesuai dengan pembelajaran yang di targetkan. Metode UMMI adalah salah satu metode membaca al- Qur‟an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Metode ini ada sejak 2011 yang di dirikan oleh ummi foundation yang berada di surabaya. UMMI sendiri bermakna ibu yang identik dengan sabar, tabah, dan lembut, dalam pembelajaran Al-Qur‟an metode UMMI ini mempunyai 3 prinsip yaitu : Mudah, Menyenangkan, dan Menyejuk hati. Dari penelitian ini menggunakan Kualitatif Deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi dalam penelitian ini adalah guru Mts Wasilatul Huda Dukohkidul, Ngasem, Bojonegoro. Dalam teknik analisis data yang dilakukan adalah merangkum dan memilih hal yang pokok, penyajian data dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi waktu. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : (1) implementasi metode ummi dalam bimbingan membaca al-Qur‟an (BMQ) di MTs Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem Bojonegoro melaksanakan BMQ sesuai dengan tahap pelaksanaan metode ummi secara terperinci di mulai dengan Pembukaan, Apersepsi, Penanaman Konsep, Pemahaman Konsep, Latihan/Keterampilan, Evaluasi, Penutup. Metode Ummi ini dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu setelah sholat Dhuha. Terdapat 25 kelompok yang terbagi menjadi 2 sesi, untuk masing-masing kelompok terdiri dari 10-15 siswa. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 07.20- 08.30 dan sesi kedua dilaksanakan pada pukul 08.30-09.40. dengan menggunakan metode ummi dalam bimbingan membaca al-Qur‟an (BMQ) di MTs wasilatul huda akan menambah pengetahuan dan pemahaman siswa secara mendalam tentang al-Qur‟an dan cara membacanya sesuai makhroj dan tajwid secara benar dan tartil. (2) faktor pendukung metode ummi dalam kegiatan BMQ adalah guru yang telah bersertifikasi, sarana prasarana yang memadai, dan Bahan ajar yang menarik (3) faktor penghambat metode ummi dalam kegiatan BMQ adalah kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, Jumlah rasio guru dan siswa tidak seimbang, kondisi kelas yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Ummi, Bimbimngan Membaca al-Qur’an (BMQ)
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 201855010104484@kelasonline.unugiri.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:46
Last Modified: 18 Oct 2022 01:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Hambali, Ridlwan
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item
View Item