Efektivitas Pelatihan Teknik Self-Regulated Learning Dengan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Mts Nurul Hasan Sumberagung Ngraho

SA'DIYAH, HALIMATUS (2022) Efektivitas Pelatihan Teknik Self-Regulated Learning Dengan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Mts Nurul Hasan Sumberagung Ngraho. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of dapus.pdf] Text
dapus.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan akademik merupakan permasalahan kompleks yang kebanyakan di hadapi oleh siswa. Kecemasan akademik merupakan kekhawatiran, ketakutan, dan ketegangan siswa yang disebabkan oleh banyaknya tuntutan dalam lingkungan sekolah. Munculnya perasaan tersebut bisa saja terjadi karena terlalu menuntut diri untuk menghasilkan performa tinggi dan adanya persaingan antara siswa satu dengan yang lain. Gejala kecemasan akademik ditunjukan dengan gangguan pola pikir yang salah, respons fisik yang negatif dan perilaku yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan akademik siswa. Dengan melakukan pelatihan self regulated learning yang diharapkan dapat mengurangi kecemasan akademik siswa yang menyebabkan proses perkembangan belajar siswa terhambat. Layanan ini memungkinkan siswa untuk mampu menumbuhkan konsep belajar efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true experimental dan menggunakan desain eksperimen posttest-only control design untuk mengetahui efektifitas prlatihan self regulated learning dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan akademik siswa. Dalam desain ini, dibentuk dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara random (R). Selanjutnya kelompok eksperimen diberi perlakuan (X) dan kelompok kontrol tidak. Pengaruh adanya perlakuan (treatment) adalah (O1 : O2). Dalam penelitian yang sesungguhnya pengaruh treatment dianalisis dengan uji beda dengan menggunakan perhitungan statistik yaitu T-test. Kegiatan penelitian ini melalui : (1) Studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument, (4) Melakukan penelitian, (5) Analisi data melalui uji normalitas, uji homogenitas, lalu di uji beda menggunakan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS versi 24. Berdasarkan hasil uji beda menggunakan independent sample t-test terdapat perbedaan tingkat kecemasan akademik siswa pada kelompok kontrol yang tidak diberi treatment dan kelompok eksperimen yang diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan pelatihan self regulated learning terdapat selisih sebesar 6,55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan pelatihan self regulated learning efektif dalam mengurangi kecemasan akademik siswa kelas VIII MTs Nurul Hasan Ngraho.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning, Kecemasan Akademik
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:11
Last Modified: 22 Dec 2022 03:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SRIANTURI, YANUARI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item
View Item