HUMAM, MUHAMMAD IQBAL ALVIAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTs PLUS SABILUNNAJAH SIMOREJO KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (399kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (448kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (843kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (517kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (351kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (428kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (989kB) | Request a copy
Abstract
Adapun yang melatar belakangi pembelajaran Di MTs Plus Sabilunnajah Simorejo peneliti menemukan permasalah yang terlihat dari beberapa siswa yang hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dikatakan kurang efektif dikarenakan pembelajaran masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru sehingga siswa merasa jenuh dan kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu guru mengembangkan media video youtube dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Youtube pada pembelajaran materi Khulafaur Rosyidin di MTs Plus Sabilunnajah. Untuk mengetahui hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa materi khulafaur rosyidin di MTs Plus Sabilunnajah.
Desain dan penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research And Development (Rnd). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang telah dimodifikasi dari 5 tahap menjadi 4 tahap yaitu tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Implementation (Implementasi). Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Plus Sabilunnajah kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan data uji kevalidan dan data uji keefektifan, Teknik Analisis Data menggunakan Teknik Data Validasi Asli dan Analisis Data Keefektifan
Kelayakan media pembelajaran merujuk pada hasil penilaian media oleh para ahli terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis youtube pada materi Khulafaur Rosyidin yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak/valid digunakan untuk siswa kelas VII. Hasil penilaian media oleh validator diperoleh nilai 70,45 dengan kriteria kelayakan “Valid”. Hasil analisis keefektifan media pembelajaran dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,5 dengan kriteria “Baik”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Khulafaur Rosyidin, Youtube |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muhammad iqbal alvian humam |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 01:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 01:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED MANSHUR, AHMAD UNSPECIFIED UNSPECIFIED ANWAR, SAEFUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1583 |