Sholikah, Siti Ma'rifatus (2022) Keefektifan Teknik Johari Window melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa SMP Negeri 1 Kapas. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1.COVER.pdf
Download (124kB)
2.AWALAN.pdf
Download (1MB)
3.BAB I.pdf
Download (543kB)
4.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (624kB) | Request a copy
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (657kB) | Request a copy
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB) | Request a copy
7.BAB V.pdf
Download (512kB)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (634kB)
9.DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan self disclosure yang rendah pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kapas yang ditandai dengan kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat, hal ini disebabkan oleh pengungkapan diri siswa yang masih rendah. Self disclosure adalah kemampuan individu dalam menyampaikan informasi tentang dirinya yang belum pernah disampaikan kepada teman, orangtua, dan guru yang berkaitan dengan pemikiran, perasaan, pengalaman, dan pendapat. Data ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi serta penyebaran angket skala self disclosure sebagai pre-test. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan teknik johari window mellaui bimbingan kelompok untuk meningkatkan self disclosure siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kapas Tahun Ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui intrumen skala self disclosure. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk membedakan nilai pre-test dan post-test.
Dari hasil penelitian membuktikan self disclosure siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kapas sebelum diberikan perlakukan dengan teknik johari window berada pada kategori rendah dengan presentase rata-rata 46% dan sesudah diberikan perlakuan dengan teknik johari window terjadi peningkatan menjadi kategori sedag dengan presentase rata-rata 90%. Berdasarkan hail output uji simple paired t-test dapat diketahui bahwa hasil asym sig. (2 tailed) sebesar 0,000 yang berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh penggunaan teknik johari window melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan self disclosure siswa SMP Negeri 1 Kapas.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Johari Window, Self disclosure |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | SITI MA'RIFATUS SHOLIKAH |
Date Deposited: | 16 Oct 2022 11:28 |
Last Modified: | 16 Oct 2022 11:28 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED Novitasari, Zeti UNSPECIFIED UNSPECIFIED Setyoningsih, Yunita Dwi UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1567 |