KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN TINGKAT KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN YANG BERLAKU DI MTs SUNAN BONANG PARENGAN TUBAN

RISALATIN, ALIF NUR KHOIRUR (2022) KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN TINGKAT KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN YANG BERLAKU DI MTs SUNAN BONANG PARENGAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Akidah Akhlak sebagai bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mempelajari tentang ajaran-ajaran dalam Islam dalam kaitannya dengan Akidah dan akhlak. Penerapan pembelajaran Akidah Akhlak dalam kehidupan sehari-hari erat kaitannya dengan kepatuhan siswa terhadap peraturan yang berlaku disekolah. Setelah siswa mempelajari Akidah Akhlak, siswa dapat mempunyai akhlak mulia yang kemudian dipraktikkan dalam kehidupan sehari-sehari, yang tidak hanya untuk sesama manusia tetapi juga untuk lingkungan, terutama lingkungan sekolah tempat mereka belajar.
Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 134 yaitu semua siswa MTs Sunan Bonang Parengan Tuban dan sampel sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan product moment.
Rata-rata prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak 87 terletak pada interval 84,5 – 89,5 termasuk dalam kategori “cukup”. Rata-rata untuk kepatuhan siswa terhadap peraturan di sekolah adalah 34. Tingkat kepatuhan siswa terhadap peraturan di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban termasuk dalam kategori “cukup” yang terletak pada interval 33 – 35,5. Prestasi belajar tidak berhubungan dengan kepatuhan siswa. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai rhitung = 0,128 dan nilai rtabel 0,202. Maka nilai rhitung < rtabel sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian, tidak terdapat korelasi antara prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban dengan tingkat kepatuhannya terhadap peraturan yang berlaku di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kognitif, Akidah Akhlak, Kepatuhan
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alif Nur Khoirur Risalatin
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:23
Last Modified: 14 Oct 2022 01:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1555

Actions (login required)

View Item
View Item