CANDU PERMAINAN GAME FREE FIRE DAN IMPLIKASINYA PADA AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS ISLAMIYAH MALO

SARI, DEVI NOVITA (2022) CANDU PERMAINAN GAME FREE FIRE DAN IMPLIKASINYA PADA AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS ISLAMIYAH MALO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf.pdf] Text
Cover.pdf.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf.pdf] Text
AWALAN.pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf.pdf] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of BAB II.pdf.pdf] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf.pdf] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf.pdf] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf.pdf] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf.pdf] Text
Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi memunculnya berbagai jenis permainan audio visual dan komputer yaitu game elektronik. Seperti halnya siswa di MTs Islamiyah Malo, siswa lebih suka memanfaatkan waktu luang untuk bermain game, sehingga melupakan kewajiban mereka yaitu belajar. Salah satu game yang membuat siswa ketagihan yaitu game free fire. Oleh karena itu penelitian ini akan meneliti tentang game free fire menjadi candu pada siswa dan implikasi candu permainan game Free Fire pada akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data untuk mengetahui proses awal peneliti terhadap data-data yang telah dihasilkan, penyajian data untuk merencanakan kegiatan selanjutnya berdasarkan apa yang telah dipahami, penarikan kesimpulan dan verifikasi untuk mengetahui penelitian benar-benar dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) faktor yang menjadikan game free fire menjadi candu oleh siswa yaitu dari banyaknya waktu luang, faktor teman, lingkungan bahkan keluarga, jika anak bermain tanpa dampingan atau batasan waktu, dan anak terbiasa bermain game, maka anak akan mengalami namanya kecanduan bermain game yaitu selalu ingin bermain terus-menerus dan selalu memikirkan game dimanapun anak berada. (2) Implikasi candu permainan game free fire tidak hanya berdampak pada prestasi siswa tetapi juga berdampak terhadap akhlak siswa. Siswa sering melupakan waktu sholat, mengaji, belajar, berbicara keras, seringnya top up atau menghabiskan uang dan hilangnya sopan santun.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Candu Permainan, Game Free Fire, Akhlak Siswa.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi Novita Sari
Date Deposited: 30 Sep 2022 06:05
Last Modified: 30 Sep 2022 06:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IZZA, YOGI PRANA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
RAHMAWATI, ULVA BADI'
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item
View Item