Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Tadabbur Alam Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro

ATASYA, NILA BELLA (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Tadabbur Alam Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan pendidikan karakter dengan cara tadabbur alam di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat diperlukan oleh bangsa Indonesia karena dapat menjadi pondasi tercapainnya karakter yang berkualitas bagi bangsa, dengan begitu akan melahirkan generasi yang memiliki ilmu pengetahuan dan memiliki budi pekerti yang baik, serta mampu membuat peradapan yang bermutu untuk bangsa Indonesia kedepannya. Sedangkan tadabbur alam merupakan sarana pembelajaran untuk mengenal keAgungan Allah dengan mengenal berbagai macam ciptaannya serta wadah untuk kita selalu bersyukur dan menjaga ciptaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implemtasi Pendidikan Karakter dengan Tadabbur alam di Madrasah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro. 2) Mengetahui strategi yang digunakan dalam Implementasi Pendidikan Karakter dengan Tadabbur alam Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro. 3) Dapat mengetahui Kendala dan solusi akhir dalam menjalankan pendidikan karakter dengan tadabbur alam Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, Reduksi data, display data, Verifikasi dan penegasan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dengan tadabbur alam dilakukan dengan tahapan-tahapan sesuai progran yang sudah dirancang. Kendala dalam menjalankan pendidikan karakter dengan tadabbur alam yaitu: ada beberapa siswa yang kurang peka dan fokus dalam menjalankan kegiatan, dana, dan yang terakhir benturan kebiasaan. Serta sulusinya yaitu kegiatan yang berkelanjutan, kas perhari, dan solusi yang terakhir adalah mempersempit negative, dan memperluas positif.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tadabbur alam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nila Bella Atasya
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:20
Last Modified: 28 Sep 2022 01:20
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
UNSPECIFIED
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item
View Item