ATASYA, NILA BELLA (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Tadabbur Alam Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (317kB)
awalan.pdf
Download (793kB)
bab 1.pdf
Download (427kB)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB) | Request a copy
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB) | Request a copy
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (493kB) | Request a copy
bab 5.pdf
Download (1MB)
daftar pustaka.pdf
Download (1MB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan pendidikan karakter dengan cara tadabbur alam di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat diperlukan oleh bangsa Indonesia karena dapat menjadi pondasi tercapainnya karakter yang berkualitas bagi bangsa, dengan begitu akan melahirkan generasi yang memiliki ilmu pengetahuan dan memiliki budi pekerti yang baik, serta mampu membuat peradapan yang bermutu untuk bangsa Indonesia kedepannya. Sedangkan tadabbur alam merupakan sarana pembelajaran untuk mengenal keAgungan Allah dengan mengenal berbagai macam ciptaannya serta wadah untuk kita selalu bersyukur dan menjaga ciptaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implemtasi Pendidikan Karakter dengan Tadabbur alam di Madrasah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro. 2) Mengetahui strategi yang digunakan dalam Implementasi Pendidikan Karakter dengan Tadabbur alam Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro. 3) Dapat mengetahui Kendala dan solusi akhir dalam menjalankan pendidikan karakter dengan tadabbur alam Madrasah Diniyah Miftahul Huda Genjor Sugihwaras Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, Reduksi data, display data, Verifikasi dan penegasan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dengan tadabbur alam dilakukan dengan tahapan-tahapan sesuai progran yang sudah dirancang. Kendala dalam menjalankan pendidikan karakter dengan tadabbur alam yaitu: ada beberapa siswa yang kurang peka dan fokus dalam menjalankan kegiatan, dana, dan yang terakhir benturan kebiasaan. Serta sulusinya yaitu kegiatan yang berkelanjutan, kas perhari, dan solusi yang terakhir adalah mempersempit negative, dan memperluas positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Tadabbur alam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nila Bella Atasya |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 01:20 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 01:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI UNSPECIFIED Thesis advisor MIFTAH, ZAINI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1358 |