Salma, Wirdatus (2022) IMPLEMENTASI METODE INQUIRY LEARNING DALAM PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS XI IPA DI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE SINGGAHAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (289kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (671kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (681kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (599kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (286kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (402kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (810kB) | Request a copy
Abstract
Metode inquiry merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam sebuah proses pembelajaran. Permasalahan yang sering terjadi pada proses belajar mengajar di sekolah, yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik, minim pengetahuan, metode pembelajaran yang tidak tepat, kurang memahami materi, dan lain sebagainya. Hal ini juga terjadi pada peserta didik kelas XI IPA di MA Islamiyah yang masih banyak mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide ataupun pendapat dari informasi yang diketahuinya, kurang percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik atau metode, dan diskusi teman sejawat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Inquiry Learning Dalam Peningkatan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Fikih Kelas XI IPA di MA Islamiyah telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah metode inquiry. Keberhasilan metode inquiry dalam berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fikih sudah mencapai indikator berpikir kritis dan dapat dikatakan metode tersebut berhasil menarik peserta didik dan membuat suasana pembelajaran menjadi nyaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inquiry Learning, Berpikir Kritis, dan pembelajaran Fikih |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wirdatus Salma |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 06:06 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 19:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED Thesis advisor Miftah, Zaini UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1318 |