IMPLEMENTASI METODE INQUIRY LEARNING DALAM PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS XI IPA DI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE SINGGAHAN

Salma, Wirdatus (2022) IMPLEMENTASI METODE INQUIRY LEARNING DALAM PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS XI IPA DI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE SINGGAHAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy

Abstract

Metode inquiry merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam sebuah proses pembelajaran. Permasalahan yang sering terjadi pada proses belajar mengajar di sekolah, yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik, minim pengetahuan, metode pembelajaran yang tidak tepat, kurang memahami materi, dan lain sebagainya. Hal ini juga terjadi pada peserta didik kelas XI IPA di MA Islamiyah yang masih banyak mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide ataupun pendapat dari informasi yang diketahuinya, kurang percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik atau metode, dan diskusi teman sejawat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Inquiry Learning Dalam Peningkatan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Fikih Kelas XI IPA di MA Islamiyah telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah metode inquiry. Keberhasilan metode inquiry dalam berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fikih sudah mencapai indikator berpikir kritis dan dapat dikatakan metode tersebut berhasil menarik peserta didik dan membuat suasana pembelajaran menjadi nyaman.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry Learning, Berpikir Kritis, dan pembelajaran Fikih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wirdatus Salma
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:06
Last Modified: 09 Nov 2022 19:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Miftah, Zaini
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item
View Item