AKHIDAH, ST. NUR (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS MULTILITERASI DI KELAS X MA MUSTHOFAWIYAH NGURUAN SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (556kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (604kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (858kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (461kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (554kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperbaiki nilai rasa, tingkah laku manusia yang keberadaannya akan semakin penting seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Sehingga menuntut setiap lembaga pendidikan untuk memiliki antisipasi untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, makna multiliterasi bukan sekedar tentang melek huruf melainkan juga meningkatkan budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaan yang bermakna dengan menghubungan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa (a) Rencana Pelaksanan Pembelajaran sesuai pembelajaran PAI berbasis multiliterasi dengan memasukkan literasi kedalam mata pelajaran PAI (b) Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup di kelas maupun di perpustakaan yang dijadikan sentral kegiatan, berupa pembiasaan membaca buku, menanggapi isi bacaan buku baik lisan maupun secara tertulis, serta terdapat pembiasaan membaca rotibul haddad sebelum pelajaran PAI (c) Evaluasi pembelajaran meliputi. Pertama, penilaian pengetahuan dilihat dari hasil nilai tugas harian, penilaian tengah semester dan akhir semester, serta siswa mampu menggali makna teks yang telah di baca, menulis dan mengevaluasi secara kritis dari tulisan yang dibuatnya. kedua, penilaian sikap dilakukan melalui obsevasi sikap, perilaku keseharian di kelas maupun di pondok pesantren. Ketiga, penilaian keterampilan dihasilkan dari tes lisan, praktik dan peserta didik diharuskan mempunyai karya dalam bentuk tulisan. Implikasi terkait pembelajaran PAI berbasis multiliterasi terhadap siswa mencetak generasi yang berkompeten, melek literasi dan berkarakter dalam mempraktikan materi yang diperoleh kehidupan sehari-hari yang berlandaskan al- Qur’an hadits untuk meraih kebahagiaan dunia akhirat.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multiliterasi |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ST. NUR AKHIDAH |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 01:22 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 01:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Khumaini, Fahmi UNSPECIFIED Thesis advisor Nisa’, Ida Fauziatun UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1287 |