AFIFAH, SITI NUR (2022) IMPLEMENTASI METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTs ISLAMIYAH BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (33kB)
AWALAN.pdf
Download (602kB)
BAB I.pdf
Download (431kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (311kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (385kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Adapun yang melatarbelakangi penelitian di MTs Islamiyah Balen pada metode pembelajaran yang sampai saat ini guru menggunakan metode tradisional seperti metode ceramah. Karena itu guru dituntut kepala sekolah supaya lebih efektif lagi dalam penerapan metode pembelajaran di kelas. Maka dari itu, guru menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division). Tujuan penulisan untuk mendeskripsikan implementasi metode STAD (Student Team Achievement Division) Dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VII MTs Islamiyah Balen. Supaya siswa tidak bosan dalam pembelajaran di kelas dan siswa dapat memahami mata pelajaran akidah akhlak ketika penerapan metode STAD (Student Team Achievement Division). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian juga menggunakan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, satu orang guru akidah akhlak kelas VII D, empat orang siswa-siswi kelas VII D. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, keabsahan temuan, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam penerapan pembelajaran siswa sangat aktif dan berantusisas dalam mengikuti proses pembelajran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap hasil tugas harian pembalajaran akidah akhlak yaitu tahap pertama mendapatkan 66.94 dan tahap kedua mendapatkan 82.5.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Metode STAD (Student Team Achievement Division), Meningkatkan Hasil Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Nur Afifah |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 08:15 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 08:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Anwar, Saeful UNSPECIFIED Thesis advisor Manshur, Ahmad UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1211 |