IMPLEMENTASI METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTs ISLAMIYAH BALEN

AFIFAH, SITI NUR (2022) IMPLEMENTASI METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTs ISLAMIYAH BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adapun yang melatarbelakangi penelitian di MTs Islamiyah Balen pada metode pembelajaran yang sampai saat ini guru menggunakan metode tradisional seperti metode ceramah. Karena itu guru dituntut kepala sekolah supaya lebih efektif lagi dalam penerapan metode pembelajaran di kelas. Maka dari itu, guru menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division). Tujuan penulisan untuk mendeskripsikan implementasi metode STAD (Student Team Achievement Division) Dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VII MTs Islamiyah Balen. Supaya siswa tidak bosan dalam pembelajaran di kelas dan siswa dapat memahami mata pelajaran akidah akhlak ketika penerapan metode STAD (Student Team Achievement Division). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian juga menggunakan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, satu orang guru akidah akhlak kelas VII D, empat orang siswa-siswi kelas VII D. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, keabsahan temuan, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam penerapan pembelajaran siswa sangat aktif dan berantusisas dalam mengikuti proses pembelajran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap hasil tugas harian pembalajaran akidah akhlak yaitu tahap pertama mendapatkan 66.94 dan tahap kedua mendapatkan 82.5.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Metode STAD (Student Team Achievement Division), Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Afifah
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:15
Last Modified: 21 Sep 2022 08:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Anwar, Saeful
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item
View Item