NURSITA, FINA UMI (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MATERI SHALAT DALAM KONDISI TERTENTU DI MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (342kB)
AWALAN.pdf
Download (759kB)
BAB I.pdf
Download (507kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (758kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (719kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (420kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (535kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Baru-baru ini proses pembelajaran di kelas secara tatap muka langsung (face to face) telah kehilangan daya tariknya di kalangan pelajar. Hal ini tidak lain dikarenakan kemajuan IPTEK di abad 21, sehingga memaksa guru yang mengajar siswa di setiap jenjang pendidikan untuk mengubah perilaku dan pola pikir. Di MTs Tarbiyatul Islam, di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tentu banyak sekali kendala. Diantaranya kendala jaringan, kendala sarana prasarana, kendala peserta didik sulit diatur dan sulit mengakses maupun menangkap pelajaran online maupun tatap muka. Blended learning adalah strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai salah satu tujuan yaitu efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 25 siswa pada kelas eksperimen dan 25 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes (pretest dan postest) dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Implemnetasi pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran Fikih dengan menggunakan model blended learning face to face yang diikuti siswa secara tatap muka langsung dengan dilanjutkan mengakses aplikasi yaitu google classroom, dan (2) Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis blended learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi shalat dalam kondisi tertentu.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Blended Learning, Shalat dalam Kondisi Tertentu |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fina Umi Nursita |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 04:41 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 04:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Manshur, Ahmad UNSPECIFIED Thesis advisor Fauziah, Zumrotul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1188 |