EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MATERI SHALAT DALAM KONDISI TERTENTU DI MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO

NURSITA, FINA UMI (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MATERI SHALAT DALAM KONDISI TERTENTU DI MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Baru-baru ini proses pembelajaran di kelas secara tatap muka langsung (face to face) telah kehilangan daya tariknya di kalangan pelajar. Hal ini tidak lain dikarenakan kemajuan IPTEK di abad 21, sehingga memaksa guru yang mengajar siswa di setiap jenjang pendidikan untuk mengubah perilaku dan pola pikir. Di MTs Tarbiyatul Islam, di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tentu banyak sekali kendala. Diantaranya kendala jaringan, kendala sarana prasarana, kendala peserta didik sulit diatur dan sulit mengakses maupun menangkap pelajaran online maupun tatap muka. Blended learning adalah strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai salah satu tujuan yaitu efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 25 siswa pada kelas eksperimen dan 25 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes (pretest dan postest) dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Implemnetasi pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran Fikih dengan menggunakan model blended learning face to face yang diikuti siswa secara tatap muka langsung dengan dilanjutkan mengakses aplikasi yaitu google classroom, dan (2) Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis blended learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi shalat dalam kondisi tertentu.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Blended Learning, Shalat dalam Kondisi Tertentu
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fina Umi Nursita
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:41
Last Modified: 20 Sep 2022 04:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item
View Item