Arif, Mohammad Yusuf Yuwana (2022) ANALISIS PERAN GURU DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI TA'AWUN PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB B JATI WIYATA DHARMA TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (547kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (574kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (541kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (704kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Anak tunarungu adalah anak yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran dan mereka berhak memperoleh pendidikan, mereka sering dianggap tidak mampu melakukan hal seperti orang lain lakukan pada umumnya dan mereka sering dianggap remeh seperti halnya pengamalan nilai pendidikan agama islam nilai ta’awun yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena didalamnya berisi nilai sosial yang sangat membantu kehidupan manusia. Hal ini juga terjadi pada anak tunarungu di SLB B Jati Wiyata Dharma yang sering dikucilkan dan dianggap remeh oleh masyarakat sehingga dibutuhkan sosok figur pendidik yang mampu mengarahkan dan mengembangkan isi dari nilai ta’awun tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik dalam analisis data meliputi reduksi data untuk menyaring serta menyederhanakan data, penyajian data untuk melihat gambaran keseluruhan atau bagian-bagian tertentu dalam penelitian serta penarikan kesimpulan untuk mendapatkan bukti-bukti yang mendukung tahap pengumpulan data. Berdasar penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil diantaranya : Pertama, Peran guru dalam proses internalisasi nilai ta’awun diantaranya sebagai fasilitator, motivator, pengajar dan pengelola pembelajaran. Kedua, Faktor pendukung dalam proses internalisasi nilai ta’awun yaitu kebijakan kepsek, partisipasi peserta didik, keaktifan guru, keaktifan orang tua, saran dan prasarana serta progam sekolah. Ketiga, Faktor penghambat internalisasi nilai ta’awun diantaranya perbedaan pemahaman peserta didik, keterbatasan jumlah guru serta faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Ta'awun, Tunarungu |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohammad Yusuf Yuwana Arif |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 08:32 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Silfiyah, Khoirotus khoirotussilfiyah@unugiri.ac.id Thesis advisor Khoiriyah, Siti khoi@unugiri.ac.id |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1108 |