PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AHKLAK SISWA MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM BULU BALEN BOJONEGORO

MUTMAINAH, TITIN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AHKLAK SISWA MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM BULU BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (647kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (836kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran dalam dunia pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini dikarenakan keberhasilan pembelajaran sangat berkaitan dengan kesesuaian model yang digunakan. Diantara banyak model pembelajaran ialah model Example Non Example. Sebuah model pembelajaran yang membelajarkan kepekaan peserta didik terhadap permasalahan yang ada disekitar melalui analisis contoh-contoh berupa video, gambaran atau kasus yang bermuatan masalah. MA. Miftahul Ulum Bulu merupakan lembaga pendidikan swasta yang mempunyai orientasi pendidikan masa depan. Lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan yang masih terus berkembang dan sarat akan prestasi, baik dari segi akademik atau non akademik. Model pembelajaran Example Non Example diterapkan dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MA. Miftahul Ulum Bulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan pembelajaran metode example non example terhadap hasil belajar siswa di MA Miftahul Ulum Bulu, dengan sub fokus mencakup: (1) pelaksanaan metode pembelajaran example non example, (2) hasil belajar siswa, dan (3) pengaruh metode example non example terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakuan dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai adalah teknik analisa data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model Examples Non Examples pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bulu Balen Bojonegoro dilaksanakan dengan baik (2) Hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di MA Miftahul Ulum sudah cukup baik (3) pembelajaran model Example non example berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bulu Balen Bojonegoro dalam mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Example Non Example, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:44
Last Modified: 19 Apr 2022 02:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSUR, AHMAD
UNSPECIFIED
Thesis advisor
ZUHRIYAH, Ainu
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item
View Item