EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUASAI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 1 KENDURUAN

Erviana, Irda Ayu (2021) EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUASAI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 1 KENDURUAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Pembelajaran daring adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring atau online dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada di masa sekarang. Pembelajaran daring diberlakukan pada saat ini dikarenakan adanya wabah penyakit covid 19. Covid 19 merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan mudah menular sehingga untuk menghindari penularan virus tersebut pemerintah menerapkan pembelajaran daring untuk sementara hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Skripsi ini membahas tentang Efektifitas Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Materi PAI di SMPN 1 Kenduruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pembelajaran daring khususnya pada mapel PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi serta dokumentasi, dan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dan yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru PAI SMP N 1 Kenduruan serta Peserta didik SMP N 1 Kenduruan . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring di SMP N 1 Kenduruan berjalan dengan lancar menggunakan whatsapp dan google form. Akan tetapi masih ada kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMP N 1 Kenduruan ini yaitu kurangnya kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan kendala sinyal bagi peserta didik yang rumahnya cukup jauh dari pusat kecamatan. Selain itu pendidikan daring juga kurang efektif untuk diterapkan pada materi pelajaran PAI. Sebagai bukti bahwa pembelajaran daring belum efektif untuk PAI yaitu peserta didik merasa kesulitan apabila harus memahami materi sendiri tanpa bantuan secara langsung oleh guru. Selain itu pembelajaran daring juga kurang cocok untuk PAI karena tujuan utama dari Pendidikan Agama Islam adalah untuk membentuk karakter kepribadian peserta didik sedangkan untuk pendidikan karakter harus dilakukan melalui pembisaan-pembiasaan bertingkah laku baik yang dicontohkan secara langsung oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran Daring, Kemampuan Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:18
Last Modified: 18 Apr 2022 03:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Agus
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Aziz, Su’udin
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item
View Item