MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MTS ISLAMIYAH BANAT JATISARI SENORI

NURJAMIL, AHMAD (2021) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MTS ISLAMIYAH BANAT JATISARI SENORI. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I..pdf] Text
3. BAB I..pdf

Download (748kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Islamiyah Banat Jatisari Senori. adalah suatu ilmu yang mengkaji secara komperehensif tentang bagaimana mengarahkan mempengaruhi, mengawasi orang lain untuk mengerjakan tugas perintah yang direncanakan.
Tujuan penilian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs islamiyah banat jatisari senori dan implementasi model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Islamiyah Banat Jatisari Senori.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada yaitu keadaan gejala apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian menganalisa data dengan analisis situs tunggal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (l) model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Islamiyah Banat Jatisari Senori adalah menggunakan beberapa model diantaranya demokratis, tranformasional, karismatik dan otokratis, namun kepala madrasah lebih dominan menggunakan model kepemimpinan demokratis yaitu melakukan musyawarah melibatkan semua anggota madrasah dalam menetapkan kebijakan serta melakukan perubahan untuk meningkatkan profesionalitas guru. Kepala madrasah juga memberikan fasilitas dan kebebasan kepada guru untuk mengikuti workshop, bimtek, dan pelatihan secara daring. (2) Implementasi model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Islamiyah Banat Jatisari Senori adalah dengan mengkonsep setiap program madrasah dengan efektif dan efisien, memberikan motivasi yang berdampak signifikan kepada setiap warga madrasah (guru, staf kependidikan, dan siswa) dan stakeholder, mengembangkan profesionalitas guru maupun staf kependidikan, dan menciptakan proses pembelajaran dan iklim organisasi madrasah yang kondusif.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Model Kepemimpinan, Profesionalitas Guru
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Choirotul Nikmah
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:56
Last Modified: 16 Jun 2022 09:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item
View Item