EFEKTIVITAS METODE KISAH PADA HASIL PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs HIDAYATUL ISLAMIYAH BUMIREJO KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO

SHOLIKHAH, LISA EKA SULIS TIOWATIS (2020) EFEKTIVITAS METODE KISAH PADA HASIL PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs HIDAYATUL ISLAMIYAH BUMIREJO KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan metode Kisah bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan agama Islam, khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, dengan metode tersebut selain bisa cepat mengena di hati, para siswa juga tidak mudah membuat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran berdasarkan pada konsep pendidikan Islam, kemudian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melalui empat langkah metode. langkah pertama; Observasi, mengamati segala kegiatan belajar mengajar, identifikasi kebutuhan pembelajaran, juga mengamati materi pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, langkah kedua; Wawancara, mewawancarai Guru dan Siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang telah peneliti amati. Langkah ketiga; Cacatan lapangan, mencatat dan menyusun langsung segala apa yang telah diamati dan diwawancarai dalam penelitian agar tidak lupa dan tercampur dengan informasi lain. Langkah keempat; Dokumentasi, mendokumentasikan segala sesuatunya baik berbentuk data yakni antara lain data administrasi, data pendidik, peserta didik dan data gambar pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Hidayatul Islamiyah Bumirejo Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro “cukup” efektif. Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran itu efektif yaitu antusiasme siswa selama proses pembelajaran, keaktifan siswa dan hasil evaluasi yang semakin meningkat. Selain itu sekolah juga memainkan peranannya sebagai lembaga pendidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode Kisah, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 20 May 2022 02:21
Last Modified: 20 May 2022 02:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item
View Item